Thursday, September 5, 2013

Am I a Loser?

Begitu banyak buku yang mengajarkan bagaimana menjadi pemenang, menjadi besar, menuju sukses, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan keberhasilan. Entah itu keberhasilan orang lain atau cara-cara menuju kesana. Akan tetapi hampir tidak ada yang menulis tentang kegagalan, kekalahan, ketidakberhasilan, menjadi pecundang atau sejenisnya. Kegagalan, ketidak berhasilan, menjadi pecundang dan sejenisnya seakan akan menjadi sesuatu yang menakutkan dan harus disingkirkan dari pikiran dan kamus kita. Dan tanpa sadar kita telah menjadi salah satu pecundang. Mungkin saja kita berpikiran besar, mempunyai angan-angan yang tinggi, selalu mempunyai keinginan untuk sukses, pengen menjadi kaya raya. Akan tetapi kita tidak pernah mempunyai tenaga untuk bisa mewujudkannya. Kita seperti terpaku dan hanya diam sambil bermimpi. Mulailah bertanya apakah aku ini seorang pecundang? Cari tahu apakah aku mempunyai tanda-tanda untuk menjadi seorang pecundang. Bukankah untuk memenangkan sesuatu kita harus mengetahui kekuatan dan kekurangan kita?  Bagaimanakah sebenarnya ciri-ciri seorang pecundang? Inilah beberapa ciri-ciri seorang pecundang.

Yang selalu menyalahkan orang lain.
Seorang pecundang bila mengalami kegagalan akan selalu menyalahkan orang lain dan membenarkan diri sendiri. Seorang atlit yang kalah akan menyalahkan pelatihnya yang tidak memberi instruksi dengan baik atau wasitnya yang dianggap curang; Seseorang yang putus cinta akan menuduh pacarnya yang salah, menuduh pacarnya menyeleweng atau tidak setia, menuduh pacarnya matre. Kalau tidak lulus sekolah menyalahkan gurunya yang tidak bisa mengajar, pelajarannya terlalu sulit. Keluarga tidak mendukung dia untuk sekolah. Kalau bisnisnya gagal menyalahkan orang tua yang bukan dari keturunan pengusaha. Menyalahkan rekan bisnis yang tidak becus atau tidak baik. Tetapi mereka tidak mencari penyebab kegagalan itu dan memperbaiki atau menerima kegagalan dan bangkit.

Yang Selalu menyalahkan keadaan.
Seorang pecundang akan selalu menyalahkan keadaan atas kegagalannya. Misalnya bila dia tidak berhasil dalam hidupnya karena dia terlahir miskin sehingga dia tidak bisa sesukses orang lain. Dia putus sekolah karena suasana sekolahnya tidak menyenangkan. Dia tidak bekerja atau gagal dalam usaha karena keadaan yang tidak berpihak kepada dia.Dia tidak bisa mengerjakan tugas sekolah karena harus bekerja. Dia tidak bisa sekolah kaerna harus bekerja mencari uang. Padahal kalau kita mau berusaha pasti ada jalan, begitu banyak jalan menuju keberhasilan kita hanya perlu keberanian untuk menggapai keberhasilan. Kita perlu mencari tahu bagaimana caranya agar bisa. Kalau ada orang lain bisa maka kita juga pasti bisa.

Yang selalu menunda sesuatu.
Seorang pecundang akan selalu menunda pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang atau hari ini. Karena menganggap besok masih ada waktu dan hari ini tidak baik untuk bekerja. Misalnya dia menunda  melamar perkerjaan karena hari terlalu panas atau sedang hujan; dia malas melakukan pekerjaan karena merasa capai dan malas. dia selalu merasa kenapa harus buru-buru toh masih ada hari esok. Selalu saja ada alasan untuk menunda-nunda pekerjaan. Padahal dengan menyelesaikan pekerjaan atau tugas kita bisa melakukan hal lain atau memeriksa kembali tugas kita sehingga bila ada kesalahan kita bisa segera memperbaiki.

Yang selalu menunggu.
Seorang pecundang selalu menunggu kesempatan bukan mencari kesempatan atau peluang untuk maju. Misalnya dia menunggu seseorang untuk menawari pekerjaan bukan dia yang berusaha mencari atau melamar pekerjaan. Pengen jadi pengusaha tetapi tidak pernah berusaha memulai, dengan alasan menunggu punya modal uang yang banyak padahal dia sudah punya cukup modal untuk memulai. Menunggu orang lain untuk mengajak membuka usaha. Dia selalu menunggu orang lain untuk bertindak untuk dia. tidak mempunyai inisiatif untuk merubah dirinya menjadi lebih baik.

Yang selalu minta diperhatikan
Seorang pecundang akan selalu mencari perhatian atau minta diperhatikan dari orang-orang disekitarnya entah itu dengan tingkah lakunya yang over atau selalu merasa dirinya tidak sehat atau sakit, misalnya setiap hari dia selalu merasa tidak enak badan, hari ini sakit a besok sakit b padahal diperiksakan ke dokter tidak ada penyakitnya; Dia selalu minta diperhatikan pasangannya bila tidak dia akan merasa sakit secara fisik atau dia bertingkah laku aneh; selalu merasa haus akan kasih sayang. Selalu ingin menjadi pusat perhatian. Bila dalam berteman lebih suka diperhatikan daripada memperhatikan.

Yang selalu minta dikasihani
Seorang pecundang akan selalu mengasihani diri sendiri atau merasa malang nasibnya dan selalu ingin dikasihani. Dia akan selalu menceritakan kemalangannya, kesedihannya sehingga orang akan merasa kasihan. Dia selalu mengasihani diri sendiri karena kegagalannya atau selalu bernasib malang. Dia merasa bahwa dirinya mempunyai banyak penyakit dan hidupnya tidak panjang atau berumur pendek. Dia merasa hidupnya sangat sengsara, atau merasa menjadi orang yang paling susah dunia. Dia merasa tidak memiliki apa-apa, merasa menjadi orang yang paling miskin dan menderita. Dia akan selalu merasa tidak ada yang mencintai dan  merasa kesepian.padahal masih banyak orang yang hidupnya lebih susah dan menderita daripada dia.

Yang tidak mempunyai semangat dalam hidupnya
Seorang pecundang akan selalu takut untuk menghadapi tantangan, tidak mempunyai semangat untuk memperjuangkan hidupnya. Bila ada sedikit hambatan didepannya maka dia akan menyerah dan tidak berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Dia akan selalu pasrah dengan keadaan dan menunggu nasib. Dia akan selalu menyalahkan nasib atas kegagalannya bukan memperjuangkannya. Dia menantap dunia dengan kacamata yang gelap sehingga kehidupannya selalu tersaput awan yang gelap. Dia tidak mempunyai semangat untuk berjuang.

Menjadi orang yang gagal atau pecundang itu sangat mudah tetapi menjadi orang yang berhasil dan dapat bangkit dari kegagalan itu yang sulit. Kadang kita tidak menyadari bahwa kita itu pecundang, karena kita terlalu menikmati dan senang menjadi pecundang. Kita kadang takut akan perubahan dan selalu nyaman di tempat kita berada (comfort zone). Keberhasilan dan kegagalan semua berada ditangan kita. Apakah kita ingin berhasil atau ingin menjadi pecundang. Keberhasilan tidak datang begitu saja dan kita tetap akan menjadi pecundang kalau kita tidak menyadarinya dan tidak mengubahnya. Sekarang saatnya anda bertanya pada diri sendiri, am I a Loser? Apakah kita ingin tetap menjadi Pecundang? Mari kita mulai membangun diri untuk menjadi yang terbaik. Jangan pernah takut untuk mencoba atau memulai. Bila kita mengalami kegagalan segera pelajari apa yang menyebabkan kita gagal lalu bangkit dan perbaiki.  Bebaskan dirimu dari segala penghambat yang ada dalam pikiranmu. Bangun kekuatanmu dan mulailah mempecayai dirimu kalau kamu bisa melakukan yang terbaik. And never ever give up! Because you can achieve everthing you want no matter who you are. You can do it!


You become a worrier by practicing worry. You can become free of worry by practicing the opposite and stronger habit of faith. With all the strength and perseverance you can command, start practicing faith.

Tuesday, September 3, 2013

10 Step Untuk Menarik Cutomers Agar Mencintai Anda

Tentu anda pernah mendengar bahwa pelayanan itu penting, customer itu nomer satu. Anda pernah melihat atau tahu banyak penjual yang menjual produk yang sama tapi penjual A bisa melakukan penjualan yang banyak tapi penjual B sama sekali tidak dapat pembeli. Banyak faktor kenapa seseorang membeli barang, Bisa karena dia membutuhkan atau memerlukan barang tersebut, atau suka dengan barang yang ditawarkan, punya uang untuk membeli. Ketika tertarik atau ingin membeli maka pembeli akan memilih penjual yang cocok atau dia suka sebelum memutuskan membeli.

Bagaimanakan agar menarik Customer agar menyukai dan mencintai Anda? Ini ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan sebelum memasuki ke teknik penjualan atau pelayanan yang begitu banyak.

1.       Love your self
Bagaimana anda mengharapkan orang lain suka dengan diri anda kalau anda sendiri tidak suka dengan
diri anda. Sebelum orang lain menyukai anda, anda harus menyukai diri anda sendiri, tidak hanya menyukai tapi mencintai diri sendiri. Terimalah diri anda apa adanya. tidak perlu merasa minder atau merasa kurang cantik atau tampan. Percayalah setiap orang mempunyai kecantikannya masing-masing yang itu akan terpancar keluar dalam diri bila anda mencintai diri sendiri. Mulailah dengan merawat diri sendiri, menjaga kebersihan diri, menjaga penampilan diri. Agar selalu terlihat rapi dan enak dilihat. Hindari bau badan atau bau mulut. Hindari parfum yang berlebihan atau bau-bauan yang bisa mengganggu orang lain ketika berdekatan. Bila mau bertemu klien pastikan penampilan Anda bersih, enak dilihat, wangi dan bersih.

2.       Be Confident
Percayalah pada diri sendiri, kalau diri sendiri aja tidak bisa dipercayai bagaimana orang lain akan mempercayai Anda. Kalau anda tidak percaya diri maka ketika berhadapan dengan orang lain maka akan terlihat ragu-ragu dan takut-takut sehingga orang tidak akan menghargai atau bisa jadi akan meremehkan anda. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat anda ragu atau takut. Cari solusi untuk mengatasinya. Kenali potensi diri Anda, ketahui kekuatan dan kelemahan Anda. Bila Anda merasa tidak pandai berbicara, mulai belajar berbicara, latihan dan siapkan scriptnya terlebih dahulu. Anda bisa berlatih di depan cermin atau berlatih dengan teman Anda, Saudara atau orang tua Anda. Bangun terus rasa percaya diri Anda. 

3.       Attitude
Pembeli akan suka dengan penjual yang ramah dan menyenangkan. Pelanggan akan merasa nyaman dan
senang bila dilayani dengan sopan dan baik. Sikap yang baik itu sangat penting. Pembeli juga tidak suka dengan penjual yang bersikap berlebihan misal, suka pegang-pegang, lebay, ramah yang dibuat-buat. Atau menunjukkan sikap yang ogah-ogahan atau sikap tidak bersemangat. Pernah ada seorang sales yang sedang kesal dengan perusahaan atau Bos-nya dia melayani kliennya dengan malas-malasan. Dan ketika dia pindah ke tempat lain klien yang pernah dilayani itu ingat dia dan tidak mau dilayani oleh sales ini. Orang mungkin tidak ingat apa yang Anda katakan tapi dia akan ingat bagaimana sikap anda waktu melayani dia.  Kalau pekerjaan anda memang sales atau marketing, ingatlah selalu klien anda yang sekarang akan selalu bisa menjadi klien anda dimasa yang akan datang.

4.       Respect
Perlakukan klien atau customer anda dengan respek, hargai customer anda. Dengan menghargai orang lain kita juga akan diharagi. Bila kita berkenalan ingat baik-baik namanya. Bila kita janjian ketemu datang tepat waktu. Hargai waktunya, jangan datang terlambat atau menjelaskan dengan bertele-tele. Hargai pendapat customer, jangan menggurui atau menganggap customer bodoh atau tidak tahu. Jangan memaksa pembeli untuk membeli produk anda. Tempatkan diri Anda pada posisi klien sehingga Anda akan tahu dan merasakan bagaimana kalau Anda diperlakkan dengan baik.

5.       Helpful
Selalu siap membantu customer. Mencari tahu apa yang dibutuhkan customer dan membantunya. Bila kita tidak mempunyai barang yang klien cari, maka kita bisa memberikan rekomendasi dimana bisa mendapatkan barang tersebut. Jangan hanya melihat bahwa tugas saya hanya menjual ngapain harus repot-repot bantu, gaji saya tidak seberapa ngapain capek-capek. Ini adalah mental yang jelek dan tidak helpful. Harap diingat orang akan selalu menghargai dan ingat apa yang telah Anda lakukan dan Pelanggan yang puas ada kemungkinan merekomendasikan ke orang lain. Saya ingat waktu akan kembali ke Surabaya dari Pontianak dan mengalami keterlambatan koneksi pesawat. Petugas bagian ticketing garuda benar-benar menolong saya, dia yang begitu helpful mencarikan saya penerbangan sambungan dan memberikan saya fasilitas menunggu di lounge. Beda dengan pramugari citilink  yang menyuruh penumpang cepat-cepat duduk tanpa membantu penumpang untuk menempatkan bagasinya.

6.       Product knowledge
Sebagai seorang penjual mengetahui apa yang kita jual itu sangat penting. Pembeli pasti akan tidak suka ketika dia bertanya tentang produk yang kita jual dan kita tidak bisa menjawabnya. Kita harus tahu semua tentang apa yang kita jual. Berapa harganya, apa spesifikasinya? Apa ada garansi atau apa saja fungsinya. Apa yang terbaik dari yang kita jual kenapa itu layak beli. Dan kita juga harus tahu produk dari pesaing kita karena biasanya pelanggan suka membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain. Kita tidak perlu menjelekan produk pesaing kita tapi kita haru tahu apa kelebihan dari produk kita.

7.       Active listening
Jadilah pendengar yang baik, dengarkan apa yang klien mau atau harapkan. Dengarkan dengan sepenuh hati. Adakan kontak mata, relax, senyum dan jangan menyelah ketika klien sedang bicara, tunjukan empati ketika dia sedang bercerita. Jangan ngajak berdebat dengan klien. Konfirmasi kesimpulan anda kepada klien apakah yang dimaksud dari pembicaraannya seperti yang Anda tangkap atau mengerti. Perhatikan nada bicara anda ketika memberikan respon atau feedback. Jangan menunjukan emosi bila anda tidak suka dengan apa yang klien katakan. Tetap tenang dan berikan senyum. Perhatikan jarak antara anda dengan klien, jangan duduk atau berdiri terlalu dekat yang membuat orang tidak nyaman.

8.       Integrity
Integrity ini sangat penting, apa yang telah kita katakan harus sesuai dengan apa yang kita lakukan.  Harus bisa dipercaya atau jujur,Tidak curang, korupsi, Tidak membual atau omong besar, Menjunjung tinggi nilai moral. Harap diingat dalam bisnis Integrity itu harus dijaga dan dipegang teguh sekali kita tidak dipercaya orang maka akan sangat susah bagi kita untuk menjalankan bisnis.

9.       Comitmen
Selalu memegang janji dan kata-kata, Bertanggung jawab dengan apa yang telah dikatakan atau dijanjikan. Misalnya bila sudah menjanjikan akan mengirim barang yang sudah dijanjikan harus benar dilakukan, jangan karena ingin laku padahal barang tidak maka mengatakan barang ada dan akan dikirim. Atau mengganti barang yang telah dipilih pembeli tanpa memberitahukan terlebih dahulu.

10.   Well Organised
Jadilah pribadi yang terorganisir, Rapi dalam menyimpan data atau file customer, Rapi dalam membuat catatan. Kalau janji bertemu dengan klien siapkan catatan produk yang akan ditawarkan sehingga bisa memperlancar presentasi. Jangan sampai ketika sudah duduk dihadapan klien catatan kita ketinggalan sehingga kita tidak bisa menerangkan produk kita.


Jadilah pribadi yang menyenangkan sehingga orang akan susah atau merasa tidak enak untuk menolak anda. Berilah kesan yang menyenangkan sehingga klien akan mengingat anda. Orang tidak akan ingat apa yang anda katakan setela berapa lama bertemu dengan anda tapi mereka akan ingat sikap anda dan bagaimana perlakuan anda terhada klien anda.

Tulisan ini disarikan dari Seminar dengan judul yang sama pada tanggal 21 agustus 2013 di Universitas Ciputra Surabaya oleh Poedjiati Tan

Sunday, September 1, 2013

Cara Menggunakan Edmodo untuk Siswa

Pertama membuat akun di Edmodo terlebih dahulu, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol “I’m a Student" 


Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali atau mempunyai 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari guru mereka.

Isi semua data : firstname dan last name, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa harus ingat username danpassword. Setelah semua baris telah diisi, ingat untuk klik atau centang kotak You and your parent agree to our Terms of Service and our Privacy Policy. Lalu pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran dapat diproses.

Pengaturan account
Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk informasi profil, memasang dan mengganti foto.  Untuk pengaturan Klik Me sudut kanan atas, Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. 
Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:
1. Mengubah foto profil  Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
2. Mengubah informasi pribadi  Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
3. Anda dapat mengubah kata sandi (password)
5. Menentukan notifikasi  pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi,  notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah
notifikasi melalui email.
6. Tipe notifikasi : Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akanditerima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan diantaranya:
·         Alerts : setiap ada tanda atau indikasi peringatan
·         Notes : setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
·         Direct message: setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
·         Replies:  setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
·         New group members : setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.

Membaca Modul Pelajaran
Untuk dapat melihat modul bahan bacaan, power point, video ataupun materi lainnya. Klik group anda.


Setelah masuk, lalu klik folder

Setelah klik pilih materi yang ingin dibaca atau dipelajari


Anda bisa mendownload materi dan menyimpannya di komputer atau anda bisa langsung melihatnya di komputer tanpa menyimpannya

Untuk melihat tugas atau kuis yang diberikan, silahkan klik Filter post by. Lalu disana Anda bisa memilih assigement/Tugas dan quizez untuk kuis.

Bila anda sudah selesai mengerjakan tugas dan telah menyimpannya dalam bentuk documen dan siap untuk turn in, maka klik file dan upload. (harap diingat dimana nama file dan tempat anda menyimpan document nya)

Bila anda sudah memasukan tugas dalam bentuk file akan terlihat :

Bila anda memasukan tugas dalam bentuk link akan terlihat seperti ini :

Blia anda mengerjakan Quizes atau kuis. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis.

Menggunakan Smartphone
Turn in Menggunakan Smartphone : tugas sebaiknya disimpan terlebih dahulu di Dropbox (Instal dan aktifkan dropbox) setelah itu klik file dan pilih file di dropboa dan setelah itu submit


Selamat Mencoba