Tuesday, December 15, 2015

Pemberitaan yang Terhegemoni

Beberapa hari ini berita penangkapan artis NM dan PR yang dikaitkan dengan bisnis prostitusi memenuhi media online.  Semua media berfokus pada NM, mulai dari tarifnya yang puluhan juta dan juga penekanan pada ketelanjangan saat digrebek. Tidak hanya itu Wakil Presiden, Jusuf Kalla juga mengeluarkan pernyataan terkait dengan penangkapan NM. JK menyatakan keberatan jika identitas pejabat yang menggunakan jasa NM diungkap. Menurut JK itu tidak etis dan mencemarkan nama baik. Kenapa keberatan? Bukankah seharusnya pengguna jasa atau pembeli juga harus diungkap?

Pernyataan yang disampaikan Wakil Preseiden menunjukan dan menggiring masyarakat kita mempunyai pemikiran yang Hegemoni patriaki. Hegemoni, menurut Antonio Gramci, adalah proses kepemimpinan moral, filosofis dan politis yang diperoleh sebuah kelompok sosial hanya melalui persetujuan aktif dari kelompok-kelompok sosial penting lainnya. Gramci menyebut hegemoni sebagai saran kultural dan ideologi di mana kelompok-kelompok yang dominan dalam masyarakat, termasuk kelas penguasa, melestarikan dominasi dengan mengamankan ‘persetujuan spontan’ kelompok-kelompok subordinat, termasuk kelompok kelas pekerja, melalui penciptaan negosiasi konsensus politik maupun ideologis yang menyusup ke dalam kelompok-kelompok dominan maupun yang didominasi.

Kondisi dominasi ini kemudian berkembang menjadi hegemoni kesadaran individu pada setiap warga masyarakat. Sehingga wacana yang diciptakan oleh negara akhirnya dapat diterima oleh masyarakat sebagai akibat hegemoni itu. Media massa berperan dalam proses hegemoni dan menjadi pelaku konstruksi sosial dengan nilai-nilai patriaki di dalamnya. Padahal media seharusnya memiliki fungsi pendidikan yang untuk mencerdaskan masyarakat.  Tapi dalam prakteknya fungsi itu justru disalah artikan. Media massa justru menjadi pelaku utama rekonstruksi nilai-nilai patriarkis tersebut. Sehingga kemudian nilai-nilai patriarki tersebut masih saja berkembang dan mengakar di dalam tubuh dan tatanan kehidupan masyarakat dan negara kita.

Ada tiga faktor yang menentukan konten media massa, yaitu
  1. Characteristic, personal backgrounds, and experiences: yang meliputi etnis, pendidikan, gender, dan orientasi seksual.
  2. Personal attitudes, values, and beliefs dari pekerja media massa terhadap fenomena yang dikemas dalam produk media massa. Ini meliputi misalnya sikap politik, orientasi keagamaan, nilai-nilai, dan kepercayaan yang dianut yang berkait dengan individualism, modernism, altruistic democracy, leadership, ethnocentrism.
  3.  Professionalism roles and ethic

Seringkali kita jumpai awak media menulis berita mempunyai kecenderungan yang memojokan perempuan dan menganggap perempuan sebagai objek semata. Seperti dalam salah satu beritanya : Kedua artis dan model itu akhirnya datang ke tempat yang disepakati. Mereka datang bersama kedua muncikari yang memastikan bahwa proses 'pengiriman' sampai ke pelanggan yang tepat 
Tidak hanya itu aparat negara dalam hal ini polisi juga melakukan hal yang sama dalam siaran persnya, yang diwakili  Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Pol Umar Fana  "Dia sudah dalam keadaan siap dipakai, (berhubungan intim), tetapi tidak sampai terjadi apa-apa." . Tidak ada lagi asas praduga tak bersalah, karena polisi sudah membuat judgment, bahwa NM sudah siap dipakai. Dan berita ini tentu menjadi makanan lezat buat disajikan ke pembaca oleh media. Mereka tidak lagi perlu memikirkan untuk cover both side, tidak melecehkan, menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar tidak menggunakan istilah yang merendahkan, apalagi berperspektif terhadap korban. Makin hot makin banyak yang klik dan makin banyak yang klik tandanya akan banyak iklan yang masuk. Dan menjadi situs yang paling populer.
 
Yanuo Hanazaki, menganggap pers perjuangan yang idealis di Indonesia telah mati. Sebagai gantinya, lahirlah pers bisnis yang lebih berwatak pragmatis dan oportunistik (Hanazaki, 1998:88). Menurut Ana Nadhya Abrar, wartawan Indonesia seharusnya lebih memiliki sensitifities gender dalam memahami masalah yang dihadapi perempuan. Citra perempuan dalam pandangan pers Indonesia masih rendah, karena kebijakan keredaksian yang ternyata terkalahkan oleh kebijakan pemasaran yaitu segmentasi, konstribusi iklan dan keinginan pembaca (Abrar,2004:164).

Media massa sebagai representasi simbolis dan nilai masyarakat telah membentuk stereotype yang memarjinalkan perempuan. Perempuan cenderung direpresentasikan di dalam teks sebagai pihak yang bersalah, marjinal dibandingkan  laki-laki. Banyak  suara-suara  dan  pengalaman  perempuan dibungkam oleh media. Di media massa pula, perempuan lebih direpresentasikan sebagai obyek seksual laki-laki. Pemberitaan media yang berkaitan dengan
perempuan lebih bersifat sensasional, memarjinalkan, dan mengkriminalkan (Eriyanto, 2001: 199).

Media massa sebagai entitas bisnis masih menganggap perempuan sebagai objek yang akan mendatangkan keuntungan bagi kaum elit. Alih-alih mengedukasi masyarakat, media massa justru tampil sebagai agen yang menyebarkan nilai-nilai budaya patriarki demi meraup keuntungan di ceruk pasar yang didominasi pemikiran patriarki.Media lebih banyak melirik pada orientasi bisnis semata. Sehingga memanipulasi pesan-pesan hanya untuk kepentingan bisnis. Demi kepentingan menaikan oplah atau rating pembaca media massa kerap mengabaikan pembentukan persepsi dan stereotype terhadap perempuan dan hanya dijadikan komoditi ekonomi politik media.

Terlepas NM itu benar atau tidak sebagai pekerja seks, setidaknya awak media tidak melakukan pemberitaan yang cenderung menghakimi, memojokan dan mengekspose seksualitas NM, baik berupa tulisan ataupun pemilihan foto yang cenderung vulgar. Dan tidak melakukan pemberitaan yang menggiring pembaca melakukan penghakiman sebelum persidangan.

Referensi :
Bungin, Burhan. 2015, Konstruksi sosial media massa, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan DiskursusTeknologi Komunikasi di Masyarakat , Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rachman, Dylan Aprialdo. Wanita Indonesia Sebagai Komoditi Kapitalisme dalam Media Massa Patriarki Di akses pada 12 Desember 2015, dari https://www.academia.edu/7052980/Penggambaran_Wanita_Indonesia_dalam_Media_Massa_Patriarki

Artz, L and Kamalipor, Tahya R. 2003. The Globalization of Corporate Media Hegemoni. State University of New York Press : New York.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media, Analisis Wacana. LKiS. Yogyakarta

Hanazaki, Yasuo. (1998). Pers Terjebak. Terjemahan oleh Danang Kukuh Wardoyo. Institut Studi Arus Informasi. Jakarta

Abrar,Ana Nadhya, Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Volume 7, No.3, Maret 2004

Sunday, August 30, 2015

Sukses Menjadi Event Organizer

Sebuah acara agar bisa berjalan dengan baik dan menjadi menarik dibutuhkan pengorganisasian, untuk itu butuh Event Organizer. Jasa Event Organizer merupakan salah satu peluang usaha yang bisa ditekuni. Apa saja dan bagaimana menjadi EO (Event Organizer) yang sukses? Apa yang perlu diketahui agar bisa menjadi EO yang sukses.

Ada beberapa jenis event yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Saya mengkategorikannya menjadi dua, yaitu event yang bersifat untuk pribadi dan yang bersifat untuk umum. Event yang bersifat pribadi ialah untuk kalangan sendiri atau kepentingan pribadi dan pengunjungnya orang yang dikenal. Sedangkan Event yang bersifat Umum adalah untuk masyarakat luas sesuai dengan target market.
Jenis-jenis Event antara lain:


Ulang Tahun
Ketika orang mengadakan Pesta Ulang tahun mereka pasti ingin menjadikan sesuatu yang tak terlupakan. Pesta ulang tahun dengan tema yang unik dan menarik  akan menjadi daya tarik yang tak terlupakan. Tugas EO membantu klien untuk menyiapkan tema atau memberikan ide tema agar menyenangkan. Misal : Ulang tahun anak-anak dengan tema Transformer maka dibuat kue tart dan dekorasi transformer. Atau ulang tahun 17 dengan tema Greese atau Fairy tale. Ulang tahun bisa anak2 sampai orang tua atau bisa juga ulang tahun perusahaan.

Pesta Perkawinan
EO untuk Pesta Perkawinan biasanya dikenal dengan Wedding Planner atau Wedding Organizer. Tugas Eo membantu merencanakan pesta perkawinan itu menjadi sesuatu yang tak terlupakan seumur hidup. Kita harus tahu keinginan klien dan menggunakan adat apa? Adat Jawa, Sunda, Batak atau Adat Tionghoa. atau pasangan yang menikah ingin menggunakan tema tertentu atau dari film. WP membantu merancang acara ini, mulai dari kartu undangan, dekorasi, catering, souvenir, pakaian pengantin, pagar ayu, acara. Semua direncanakan detail dan matang.

Pertemuan Keluarga/Gathering
Acara Pertemuan keluarga besar atau Acara Gathering perusahaan. Bagaimana mengemas acara pertemuan keluarga ini agar menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tidak membosankan. EO akan membantu menyusun acara, mencari MC atau memikirkan game-game pada acara itu.

Launching New Product/Brand Activation
Peluncuran sebuah produk baru membutuhkan penanganan yang profesional karena itu menyangkut sebuah brand. Bila ditangani dengan asal-asalan maka akan menjatuhkan produk tersbut. Seorang EO harus tahu harapan sasaran yang ingin dicapai selain memperkenalkan produk tersbut. EO harus bisa bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk menentukan  tanggal, dan lokasi agar acara tersebut ramai dan sukses. Strategi dan pemasarannya harus dipikirkan dan dirancang dengan tepat agar produk tersebut menjadi dikenal masyarakat dan bisa menjadi trend terbaru.  EO membantu memikirkan acaranya, apakah akan ada game, hadiah, doorprize, souvenir, dummy, maskot, seragam spg atau panitia, dan artis siapa yang akan memeriahkan acara tersebut. Apakah ada diskon untuk pembelian produk. Contoh Launching produk HP, Motor, Mobil, Ice cream Magnum, rokok. 

Seminar Motivasi/Training/Outbound
Penyelenggaraan seminar, pelatihan, outbound bisa ditujukan untuk umum atau sesuai kebutuhan, misalnya untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membekali karyawan dengan keterampilan khusus. Bila pelatihan atau seminar untuk umum,  EO akan memikirkan topik apa yang akan dijual, siapa pembicaranya, kapan pelaksanaannya dan berapa hari?, menyiapkan materi, menyewa tempat, termasuk coffee break dan makananya, backdrop, banner, promosi.   

Pameran/Expo/Sunday Market/Basha
Pameran dagang yang memasarkan produk tertentu. Produk bisa meliputi makanan, pakaian, buku, properti, wedding, kesehatan, dan sebagainya. Tugas EO merancang event dan tema, menyediakan tempat dan stand, mencari tenant, memikirkan hiburannya, promosi, dan semua yang berhubungan dengan pameran tersbut.

Musik dan hiburan
Konser musik atau festival musik mempunyai penggemar yang cukup banyak. Konser musik artis nasionalataupun International sudah sering dilakukan di Indonesia. Mulai dari Slank sampai Lady Gaga. Semakin besar Eonya semakin Top artis yang didatangkan dan semakin rumit perencanaannya. Karena EO juga harus mencari media partner dan sponsor yang kompeten agar acaranya bisa sukses dan bisa mentutup semua pengeluaran dan meraih keuntungan.

Seni dan Budaya
Acara budaya dan Seni, seperti festival kebudayaan atau pementasan seni saat ini berkembang pesat. Festival Seni atau kebudayaan bisa menjadi  sesuatu yang sangat menarik bila dikemas dengan baik. Bahkan bisa mengangkat nama suatu daerah. Misalnya Jember Fashion Carnaval yang sekarang ini menjadi salah satu event yang menarik perhatian dunia. Atau Ubud Writer Festifal yang diikuti oleh penulis-penulis ternama dunia.



Apa yang harus disiapkan agar Event kita berjalan dengan baik dan sukses? Beberapa hal dibawah ini yang bisa jadi bahan acuan untuk melaksanakan sebuah event.

Identify Your Objective or Goal
Langkah pertama dan yang paling penting dalam merencanakan acara agar sukses adalah Kenapa Anda ingin membuat Event ini? Anda perlu menetapkan tujuan yang bermakna, dan menggunakannya untuk memandu keputusan Anda. Apa tujuan acara ini? Apakah Anda ingin acara "terima kasih" kepada pelanggan? Mendidik klien potensial atau pemasok tentang organisasi Anda? Membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada? Menarik klien baru? Menciptakan buzz tentang produk baru? Jaringan dengan pakar industri? Atau melatih tim Anda? Acara rutin tahunan?  
Dengan mengetahui tujuannya akan memudah kita untuk membuat proposal dan mencari sponsor yang tepat. Seperti Bromo Jazz dibuat dengan tujuan meningkatkan atau menarik wisatawan untuk datang ke Bromo. Karena sepinya wisatawan yang ke Bromo dan menurunya sumber penghidupan dari sektor wisata di Bromo.
  
Identify Your Target Market
Tentukan siapa peserta atau pengunjung yang ingin dituju atau diharapkan datang ke acara kita. Tanpa menentukan sasaran peserta yang akan hadir, akan membuat kegiatan ini menjadi kurang maksimal. Siapa target Market kita? Apakah dari kalangan menengah ke atas atau ke bawah? Misal Kita mengadakan Basha yang menjual makanan dengan harga mahal lalu kita memilih lokasi di pantai kenjeran tentu tidak akan ada yang membeli. Atau kita mengadakan konser Rock tapi kita promosi di penggemar dangdut tentu akan mubasir.

Choose a Time and Venue
Pemilihan Waktu dan lokasi sangatlah penting karena ini akan memiliki dampak besar pada berapa banyak orang  yang akan hadir. Bila Anda memilih tempat, lihat pilihan dari perspektif pengunjung yang akan datang. Pastikan bahwa lokasi aman dan nyaman, dengan fasilitas parkir dan akses yang baik, untuk mendorong orang hadir ke acara tersebut. Apakah tempat sesuai dengan target market?
Pastikan bahwa Anda memiliki beberapa pilihan tanggal dan waktu, sehingga Anda memiliki alternatif jika pilihan pertama Anda tidak tersedia. Hindari libur keagamaan, dan periksa bahwa tidak ada peristiwa besar lainnya (seperti kejuaraan olahraga atau konferensi pesaing) dijadwalkan untuk hari yang sama. Apakah acara anda indoor atau outdoor? Apakah sedang musim panas atau musim hujan? Kalau musim hujan apakah perlu disediakan tenda?

Make a to do list and Round down
Menyusun jadwal kegiatan berarti menjadwalkan semua hal yang ada di daftar rencana Anda. Jadwal atau timeline dibuat beberapa bulan sebelum acara hari H. Kapan harus mulai memesan tempat, Kapan mulai mencari sponsor, mengontak artis, membuat perlengkapan atau merchandize dan lain sebagainya. Tanpa panduan jadwal kegiatan yang jelas, waktu dapat berlalu begitu saja dan kita akan lupa harus melakukan apa. Sehingga semua acara akan menjadi berantakan.

Buat anggaran belanja
Membuat Budget atau Anggaran adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Jika hanya sekedar membuat anggaran, semua tentu bisa. Membuat Anggaran adalah bagian terpenting karena dengan begitu kita akan tahu beberapa perkiraan uang yang akan dikeluarkan dan berapa sponsor yang akan dicari? Semakin besar acaranya semakin besar biaya yang harus dikeluarkan dan kita harus semakin teliti dalam mebuat anggarannya. Karena bila kita salah maka event kita akan merugi.

IJIN
Apakah acara yang akan dibuat memerlukan ijin? Ijin dari kepolisian atau penguasa setempat. Apakah kita memerlukan pengamanan atau pengawalan dari kepolisian? Bila Event berskala International yang mendatangkan orang asing memerlukan surat dari kementrian luar negeri dan kedutaan besar

Sponsor atau Penyandang Dana
Sponsor bisa menjadi pendukung kesuksesan acara kita. Bila acara kita yang bersifat umum tentu kita memerlukan sponsor. Carilah sponsor yang tepat untuk acara kita. Apakah ada perusahaan yang ingin menjadi sponsor tunggal yang membiayai seluruh acara. Dalam mencari sponsor, carilah sponsor lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan. Misalkan diperkirakan, sponsor yang dibutuhkan hanya 10, Anda harus mencari lebih dari 10. Sponsor yang dibutuhkan tersebut belum tentu semuanya akan menyetujui dan bersedia berpartisipasi. Lebih baik lagi, jika yang dibutuhkan adalah 10 sponsor, carilah 100 sponsor. Jangan lupa gunakan proposal yang menarik karena tentunya ada ribuan proposal lain yang menjadi pesaing Anda

Komunikasi dengan media/Pers Release
Usahakan kegiatan yang akan Anda adakan diliput oleh media. Oleh karena itu adakan jumpa pers dengan mengundang semua wartawan untuk meliput acara itu. Peran media sangat besar untuk menyebarkan informasi pada masyarakat. Atau bisa mengajak kerjasama dengan koran lokal atau nasional atau bisa juga dengan radio setempat sehingga Acara ini bisa dipublikasikan dengan gratis. Atau kalau Anda mempunyai budget lebih bisa dengan memasang iklan di koran.

Iklan di jejaring sosial
Maraknya Facebook, Twitter, Path, Instagram, youtube dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu sarana promosi yang efektif. Apalagi Indonesia adalah pengguna Facebook terbanyak. Anda bisa memulai membuat fan page dan memuat berita atau cerita yang berhubungan dengan acara tersebut. Gunakan #hastag untuk twitter dan lakukan terus menerus sehingga menjadi trending topic. Ini adalah salah satu promosi yang urah dan lumayan efektif untuk menggenjot popularitas acara kita. Atau bisa juga membuat video promosi yang dipasang di youtube sehingga bisa di share kemana-mana.

Tim jejaring sosial
Jejaring sosial akan efektif bila ada orang atau tim khusus yang menanganinya. Karena dengan begitu akan optimal hasilnya. Sehingga setiap hari ada yang mengupdate atau meng twit tentang acara. Kita bisa memasang foto, poster dan share acara kita atau menjawab pertanyaan bila ada yang komentar.

Penjualan Tiket/Pendaftaran Online
Dengan era internet yang sudah makin menyebar dan hampir semua orang menggunakan smart phone, maka pendaftaran atau penjualan tiket online sangat diperlukan. Dengan menerima pembelian atau pendaftaran online maka kita akan bisa memprediksi jumlah peserta atau pengunjung yang akan datang. Selain itu kita juga bisa mendapatkan uang kontan terlebih dahulu. Kita juga bisa membuat program early bird atau pembelian paket tiket. Misalnya beli 5 gratis satu atau memberikan diskon atau potongan harga sebelum tanggal yang ditentukan.

Team work and Communication
Dalam mengerjakan Event kita tidak mengerjakan sendirian karena itu kita membutuhkan team untuk mengerjakannya. Apalagi bila event yang akan dikerjakan itu event besar maka team yang diperlukan juga semakin banyak. Selain itu juga harus ada komunikasi dalam team work sehingga tahu setiap perkembangan yang terjadi. Begitupula dengan pendelegasian pekerjaaan. Dalam mendelegasikan pekerjaan harus jelas dan tercatat. Usahakan selalu ada briefing antar kepala divisi sehingga tahu perkembangannya.

Be flexible and be ready
Dalam mengerjakan event kita harus selalu bisa melakukan atau memikirkan apapun, kita harus bisa melihat big picture dan juga detail. Kita harus bisa fleksible dalam menghadapi setiap masalah dan selalu mempunyai rencana cadangan bila terjadi sesuatu. Kita harus bisa selalu tenang, tidak mudah panik dalam menghadapi suatu masalah tetapi bisa mencari solusi. Selain itu kita juga harus bisa realistis apakah event kita itu bisa dilanjutkan atau tidak kalau tidak apa solusinya? Contoh event yang gagal dilaksanakan adalah konser Lady Gaga yang karena banyak tentangan dari ormas tertentu.


contoh event festival yang selalu mengundang orang untuk kembali datang


Jember Fashion Carnival



Jazz Gunung Bromo


Ubud Writer Festival


Friday, June 19, 2015

Kenapa Start up Bisnis Gagal?

Banyak usaha yang gagal karena buruknya management. Kurangnya pengetahuan dibidang management yang meliputi keuangan, pembelian, penjualan, produksi, mengatur karyawan. Misalnya kita membuat usaha toko kue, kita harus bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan dan berapa harga jual yang akan kita tetapkan. Atau kalau kita membuka toko sembako kita harus tahu dimana kita bisa membeli barang kulakan yang paling murah sehingga kita bisa mempunyai keuntungan. Mempunyai catatan stock barang dan keluar masuknya barang.
Yang sering terjadi juga adalah tidak ada pembedaan anatara uang usaha dengan uang untuk kebutuhan rumah tangga. Tidak ada pencatatan pembukuan usaha kita sehingga tidak pernah tahu usaha kita untung atau rugi.

Perhitungan modal yang Salah
Sebuah kesalahan fatal yang umum bagi pebisnis pemula adalah tidak menghitung berapa modal yang dibutuhkan, sehingga mereka tidak memiliki dana operasional yang mencukupi. Pemilik usaha meremehkan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berpikiran yang penting buka dulu dan memulai usaha. Sehingga akhirnya harus menutup usahanya karena kehabisan uang untuk operasional. Misalnya ketika akan kulakan uangnya tidak ada, atau ketika akan membuat roti tidak bisa membeli tepung karena uangnya tidak ada.
Mereka seringkali tidak realistis dan juga memiliki harapan yang tidak realistis dari pendapatan yang masuk dari penjualan.
Sangat penting untuk memastikan berapa banyak uang akan diperlukan untuk menjalankan usaha; tidak hanya biaya awal untuk memulai, tetapi juga biaya untuk menjalankan bisnis.  Misalnya ada penjualan atau tidak usaha anda tetap jalan dan bisa berproduksi atau anda sendiri bisa makan.

Product Problem
Salah satu penyebab kegagalan bisnis adalah orang sering tidak memperhatikan productnya. Misalnya bila usaha Anda product makanan tidak ada standart rasa, ukuran, bentuk dan kualitas. Kalau membuat roti rasa harus sama dan ukuran besar roti harus sama. Jangan sampai hari ini besar besok kecil atau tengahnya tidak matang. Kalau usaha Mie Ayam atau Bakso. Porsi satu mangkok harus sama begitu pula dengan rasanya harus konsisten. Jangan hari ini enak tapi besok jadi keasinan.
Kalau membuka toko sembako harus dilihat produknya jangan sampai kedaluwarsa atau berjamur atau rusak dan harus dilakukan pengecekan setiap hari. Barang-barangnya diusahakan selalu bersih tidak berdebu.
Jangan sampai mengecewakan pembeli sehingga tidak mau datang lagi membeli atau yang lebih parah kalau mereka memberitahu orang lain kalau produk kita bermasalah.

Lokasi Usaha
Lokasi usaha menentukan keberhasilan usaha anda. Faktor-faktor yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan  :
-          Dimana calon pembeli anda?
-          Apakah tempat usaha Anda banyak dilalui orang, dan bisa dijangkau.
-          Apakah ada penerangan, tempat parkir?
-          Apakah sudah ada pesaing disana?
-          Kebiasaan penduduk sekitar sana.

Misal : Anda ingin membuka warung Mie Ayam dan bakso. Dan Anda berpikir membukanya di depan rumah Anda, padahal rumah Anda di daerah persawahan atau ladang. Tetangga Anda berjauhan dan Ternyata Orang disekitar Anda tidak suka jajan atau membeli makanan di luar, maka bisa dipastikan Usaha Anda akan gagal.

Jadi sebelum mulai usaha pastikan dahulu anda melakukan survey dan mempelajari perilaku orang di sekitar Anda. Apakah disana memungkinkan untuk memulai usaha dan mempunyai prospek.

Tempat Usaha
Selain Lokasi kita juga harus memperhatikan tempat usaha kita. Kenapa Alfamart atau Indomart lebih berhasil daripada toko kita? Selain mereka mempunyai sistem yang telah rapi mereka juga menata tokonya dengan baik. Banyak toko atau warung yang meletakan barangnya asal atau berantakan. Tokonya gelap dengan penerangan yang secukupnya.
Penerangan dalam toko atau warung itu sangat penting dan berpengaruh. Orang akan malas ke tempat kita kalau toko atau warung kita terkesan gelap dan kumuh.
Kebersihan tempat usaha juga sangat berpengaruh. Apalagi bila usaha kita depot makan. Kalau tempat usaha kita itu kotor, banyak lalat, kecoa dan lantainya kotor banyak sisa makanan maka orang akan malas dan merasa jijik untuk masuk.
Buat Tempat Usaha kita selalu kelihatan bersih, menarik dan menyenangkan. Sehingga orang merasa senang datang ketempat Anda. Beri papan nama toko yang jelas dan terbaca sehingga orang ingat nama toko anda.

Promosi.
Yang sering terjadi ketika orang baru membuka toko adalah diam menunggu pembeli datang tanpa melakukan usaha apapun. Kadang merasa malu kalau mau meberitahu orang lain kalau Anda mempunyai toko baru. Orang tidak akan tahu kalau Anda mempunyai toko atau depot kalau Anda tidak mempromosikannya. Buatlah Brosur sederhana yang memberikan informasi toko Anda atau produk yang Anda jual. Lakukan Promosi Misalnya dengan memberikan hadiah atau diskon dengan nilai pembelajaan tertentu selama pembukaan. Sebarkan Brosur Anda di para tetangga, di pasar, atau tempat keramaian lainnya.  Beri alamat dan lokasi tempat Anda yang jelas.

Memulai usaha itu mungkin mudah tetapi bagaimana bisa terus berjalan dan berkembang itu yang sulit. Banyak penyebab usaha baru yang bangkrut dan diatas adalah yang penyebab yang sering terjadi. Banyak sekali buku yang mengajarkan bagaimana memulai bisnis baru atau bagaimana menjadi entrepreneur. Tapi itu semua hanya dasar dan sebenarnya kita sendiri yang tahu, apa keinginan kita yang sebenarnya. Jangan menjadi pengusaha karena ikut-ikutan dan beranggapan itu cara cepat menjadi kaya. Karena Usaha itu dibangun step by step tidak ada yang instan. Dibutuhkan kerja keras dan pintar agar sukses dan mempunyai perencanaan yang tepat serta bisa bertindak fleksible, tidak mudah menyerah dan selalu bisa melihat peluang.


Wednesday, June 17, 2015

Menjadi Diri yang Wellbeing

Selama ini Wellbeing atau bisa diterjemahkan sebagai Kesejahteran dianggap sebagai kesejahteraan materi atau kekayaan material saja. Sebelum menjadi Wellbeing (Kesejahteraan) seseorang harus terlebih dahulu Wellness (memiliki Kesehatan yang bukan hanya fisik saja). Wellness pertama kali diteliti oleh Dr.Bill Hettler pada tahun 1976 dan terus dikembangkan diberbagai tempat.  Sebetulnya ada 5 dimensi wellness pada setiap individu bila ingin dikatakan wellbeing.  Bagaimankah kita menjadi wellness dapat menyeimbangkan wellbeing kita sebagai individu. 5 Dimensi wellness itu antara lain : emosional, intelektual, spiritual,  sosial, fisik.

Emotional Wellness didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengendalikan dan mengelolah emosi sehingga dapat mengekspresikannya dengan tepat dan nyaman. Terganggunya atau berkurangnya aspek Emotional Wellness dapat menjadi yang paling merugikan dari 5 dimensi Wellness secara keseluruhan. Keadaan emosi seseorang bisa positif atau negatif yang akan mempengaruhi setiap dimensi lain dari Wellness. Emosi memiliki kekuatan untuk mengendalikan hampir segala sesuatu dalam kehidupan seseorang mulai dari tindakan, sikap, nafsu makan, dan banyak lagi. kelolah emosi Anda sehingga bisa mengungkapkannya dengan positif. Hidup akan lebih menyenangkan ketika Anda memilih untuk menjadi nyaman dengan segala sesuatu di sekitar Anda. Misalnya, bagaimana kita tidak mudah terpancing emosi dengan perkataan atau provokasi dari orang lain. ketika marah tidak melakukan sesuatu yang merusak atau mencaci maki. Ketika bersedih tidak merusak diri.

Intellectual Wellness didefinisikan sebagai kemampuan untuk belajar, bertumbuh dari pengalaman, dan memanfaatkan kemampuan intelektual. Belajar sesuatu yang baru dan menerapkan pengetahuan baru untuk sesuatu yang dianggap menarik. Ini akan memicu kreativitas dalam otak yang tidak akan ingin berhenti. Hal ini akan menjadi sehat bila dapat  terlibat dalam kegiatan baru dan menarik atau subjek intelektual. Berkembang secara teratur akan berdampak besar dalam kehidupan seseorang, membuat kehidupannya jadi lebih bervariasi dan kaya secara intelektual. Misal, banyak membaca buku yang berguna atau melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan kemampuan kita.

Spiritual Wellness didefinisikan sebagai perasaan spritual yang membimbing seseorang memaknai kehidupan, dan yang mungkin melibatkan kepercayaan akan Tuhan atau kekuatan alam lainnya. Dimensi Spiritual Wellness kadang-kadang bisa menjadi topik yang kontroversial karena adanya banyak sistem kepercayaan yang berbeda di seluruh dunia. Spritual Welness tidak selalu berkaitan dengan agama tertentu. Tetapi bagaimana seseorang menemukan satu yang dia percayai dan memiliki nilai. Keyakinan spiritual akan membantu seseorang menemukan dan mengejar tujuan hidupnya sendiri serta memaknai secara keseluruhan dalam kehidupan. Misal, bisa menciptakan rasa damai dan harapan dalam diri sendiri, tidak gampang putus asa.

Social Wellness adalah kemampuan untuk memiliki hubungan interpersonal yang memuaskan dan berinteraksi dengan orang lain. Hubungan dan interaksi sosial merupakan dasar untuk menjaga kepentingan yang lain dalam 4 dimensi. Bersosialisasi dengan orang lain dan mampu berkomunikasi dengan orang lain. Misal mengikuti kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang lain atau kelompok. Bagaimana bekerjasama dan bertenggang rasa dengan orang lain, menerima perbedaan diri sendiri dan orang lain, tidak memaksakan kehendak.

Physical Wellness didefinisikan sebagai kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan semangat. Ketika kebanyakan orang berpikir tentang 'Wellness', umumnya hanya mempertimbangkan kesehatan fisik. Ini adalah dimensi yang paling terlihat dari 5 dimensi lainnya, sehingga mereka merasa paling mudah untuk menilai. Namun, kesehatan fisik berkaitan dengan lebih dari apa yang terlihat dari luar. Kesehatan fisik meliputi apakah ada penyakit yang diderita, kebiasaan olahraga, diet, kesehatan tulang, indeks massa tubuh dan seterusnya. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak dapat secara fisik melakukan sesuatu yang ingin Anda lakukan, dan membuat perubahan. Maka dibutuhkan lebih dari sekedar ingin melakukan sesuatu; Anda harus bekerja keras untuk itu. Mengubah kebiasaan olahraga Anda, makan makanan sehat, pola hidup sehat, dan mengatasi kegagalan sebelumnya. Ingat bagaimana cara Anda memperlakukan tubuh maka biasanya cara itu akan memperlakukan Anda kembali.


Luangkan waktu dan usaha untuk mempertahankan 5 dimensi Wellness Anda secara keseluruhan, dan akhirnya Anda akan menemukan semua manfaat dan menjadikan diri Anda Wellbeing, Menjadi orang yang bahagia lahir dan batin.

Tuesday, June 2, 2015

Kenapa orang patah hati susah move on

Apakah kamu pernah mendengar atau pernah mengalaminya? Aku ingin move on tapi kenapa tidak bisa? Aku sudah berusaha melupakan dia tapi bayangan dia selalu muncul dan terus teringat.  Beberapa kali saya mendapatkan klien yang broken heart dan kesulitan untuk move on. Ada yang baru beberapa minggu putus bahkan ada yang sudah setahun lebih tapi masih saja sulit untuk melupakan. Kenapa mereka sulit untuk move on? Jawabannya selalu sama “Masih Cinta” tidak bisa melupakan dia! meskipun orang yang dicintai itu entah kemana atau tidak lagi mencintai dia. Kita harus bisa membedakan antara tidak bisa dengan tidak mau. Kebanyakan dari mereka selalu mengatakan ingin move on tetapi kenyataannya mereka selalu mengingat setiap kejadian yang pernah mereka alami bersama.

Mereka seperti takut kalau move on kenangan itu akan hilang. Mereka selalu memutar memori kenangan atau kejadian ketika mereka masih bersama berulang-ulang dan terus menerus. Sehingga jejak memori itu makin lama makin menguat dalam pikirannya. Mereka seperti menikmati rasa sakit dan sedih itu tanpa ada kemauan untuk menghentikan keadaan itu. mereka seperti berjalan di tempat dan tidak bisa maju ke depan.

Mereka sering menanamkan harapan palsu kepada diri sendiri dan mereka selalu berharap sang mantan akan kembali dan kemnali bersama meskipun kenyataan itu jauh dari harapan. Mereka sering menyalahkan diri sendiri atas putusnya hubungan tersebut. Berusaha menarik perhatian sang mantan dengan segala cara padahal itu semakin membuat sang mantan makin tidak suka.  Mereka seperti mengejar bayang-bayangnya sendiri. Mereka terus bertanya kenapa kok dia tega? Kenapa dia kok begini atau begitu? Mereka seperti tidak bisa menerima kenyataan bahwa orang yang mereka cinta itu sudah tidak bersama dia lagi. Mereka hidup dalam masa lalu dan tidak ingin melepaskannya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Grace Larson pada 210 orang yang patah hati. Mereka diminta melihat foto mantanya dan otaknya discan, mereka menemukan bagian otak yang biasanya berhubungan dengan nyeri fisik telah menyala. Itu sebabnya patah hati tidak hanya kegiatan mental saja tapi juga mempengaruhi fisik. Patah hati tidak hanya mengganggu faktor psikologi saja tapi juga mempengaruhi fisiologi. Ada beberapa sel yang rusak, mempengaruhi nafsu makan, mengganggu tidur, suhu tubuh, detak jantung, yang bisa mempengaruhi kekebalan tubuh.

Orang yang patah hati mempunyai keederungan untuk menarik diri, meratapi, sedih yang berlebihan, mengurung diri, sehingga melupakan keadaan fisik mereka. Jadi sebelum memperbaiki mental ada baiknya mengubah perilaku yang menarik diri dan melakukan perbaikan fisik yang lebih sehat. Lalu mulai hidup untuk saat ini dan masa depan. Mulai kumpulkan semua kekuatan dirimu dan membangunkan kesadaranmu, bahwa kamu bisa menjalani hidup tanpa dia. Bangun kembali kepercayaan dirimu dan kamu mempunyai masa depan yang cerah.

Ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk move on

Beri waktu untuk bersedih
Tidak apa-apa memberi waktu pada diri sendiri untuk bersedih. Kamu boleh menangis atau berduka. Tetapi, jangan terlalu lama untuk bersedih. Beri waktu secukupnya dan jangan berlarut larut dalam kesedihan itu. Setelah Kamu puas bersedih dan merasa cukup untuk bersedih kini saatnya memasuki ke tahap berikutnya. Set waktu, berapa lama kamu ingin bersedih, satu minggu, dua minggu atau satu bulan? Sehingga kamu tidak terlalu lama berlarut dalam kesedihan

Memaafkan diri sendiri
Ketika terjadi perpisahan seringkali orang jadi menyalahkan diri sendiri. Dan menganggap diri kurang cukup baik buat pasangan, merasa tidak memberikan perhatian yang cukup atau lainnya sehingga pasangan memutuskan atau memilih bersama yang lain. Orang jadi cenderung merasa bersalah dan menyesali keadaan. Berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Mulai memaafkan diri sendiri dan menerima diri sendiri dengan baik. Setiap orang bisa berbuat kesalahan, kesalahan bukan untuk disesali tetapi pelajaran apa yang bisa kita petik dari kesalahan itu. Pelajaran apa yang bisa Kamu petik dalam berelasi dengan sang mantan sehingga nanti Kamu bisa lebih baik lagi dalam berelasi dengan orang lain dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Menerima Kenyataan
Mulailah belajar menerima kenyataan bahwa kalian sudah putus dan berpisah. Jangan berharap dia akan datang kembali, apalagi bila dia sudah punya pasangan lain. Tidak perlu menyesali apa yang sudah terjadi dan sudah lewat. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu, tapi Kamu bisa menciptakan masa depan yang lebih baik buat diri sendiri. Tidak perlu menunjukan bahwa Kamu patah hati atau ingin dikasihani oleh sang mantan, melakukan tindakan yang bodoh dan menyakiti diri sendiri. Terimalah kenyatan bahwa memang kalian telah berpisah. Dan kalian masing-masing punya jalan sendiri-sendiri.

Simpan Kenangan
Simpan semua barang yang bisa mengingatkan ke mantan, masukan semua dalam satu kotak. Jangan memutar lagu-lagu kenangan ketika masih bersama. Jangan ke tempat-tempat yang biasa kalian kunjungi ketika masih bersama, sampai Kamu merasa dapat menghilangkan semua kenangan. Simpan semua foto kalian berdua dan ganti dengan foto yang lain. sumbangkan semua barang pemberian dia, berikan ke orang yang membutuhkan atau kalau sudah terlalu jelek sebaiknya dibuang ke tempat sampah.

Membahagiakan Diri Sendiri
Mungkin ini saat yang tepat untuk memanjakan diri sendiri atau membahagiakan diri sendiri. Kalau dulu Kamu dilarang melakukan sesuatu oleh mantan, kini saatnya Kamu melakukankannya. Misal: Mantan tidak suka bila Kamu hang out atau nonton bersama teman-temanmu. Kini saatnya Kamu pergi hang out dan bersenang-senang dengan teman-temanmu. Pergi melakukan perawatan diri dan menikmati kesendirianmu. Kamu bisa melakukan apapun yang Kamu suka dan ingat jangan melakukan sesuatu yang akan merusak tubuhmu atau masa depanmu. Menikmati hobby Kamu yang mungkin selama ini terhambat karena memiliki pasangan. Mengubah penampilan atau apa saja yang bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Keep Fit and Healthy
Mulai melakukan sesuatu yang bisa menyehatkan diri baik secara fisik ataupun jiwa. Seperti dikatakan diatas bahwa patah hati juga bisa merusak tubuh maka kamu harus mulai memperhatikan tubuh kamu. Makan makanan yang bisa menyehatkan dan membahagiakan. Mulai melakukan olah raga atau kegiatan fisik yang menyehatkan. Kamu bisa ikut fitnes, yoga, berenang, mendaki gunung, bersepeda, atau jalan pagi agar tubuh menjadi sehat. Karena kalau tubuhmu sehat maka akan lebih mudah menyehatkan jiwa kamu. 

Menjauh Sesaat
Kamu bisa menjauh  sesaat, misalnya melakukan perjalanan ke luar kota atau ikut tour, melakukan backpacker, ikut meditasi di Bali, Mengunjungi Saudara atau Nenek di luar kota atau apa saja untuk memecahkan suasana rutinitas yang biasa kamu lakukan dengan dia.


Fokus pada masa depan
Setelah Kamu menyadari kenyataan yang ada dan menerimanya dengan lapang dada. Mulailah melihat masa depanmu sendiri. Pikirkan apa yang Kamu inginkan dan harapkan untuk diri Kamu sendiri. Pikirkan hal-hal positif yang bisa Kamu lakukan dan kerjakan. Fokus pada kelebihan diri Kamu dan apa yang ingin Kamu raih. Mulailah merancang goal yang ingin Kamu capai. Tidak perlu buru-buru mencari pengganti yang  hanya untuk balas dendam atau menunjukan ke mantan.  Fokuslah pada sesuatu yang bisa meningkatkan kulitas diri Kamu. Baca buku-buku yang menyemangati diri Kamu atau lakukan kegiatan sosial membantu orang lain. Belajar untuk gembira dan tersenyum dengan sepenuh hati. Jalan lebih tegap dengan kepala diangkat. Tanamkan semangat dalam diri Kamu sendiri kalau Kamu bisa melalui ini semua.

Move on! Memang lebih gampang diucapkan daripada dijalani. Orang sering mengatakan ingin Move on tetapi dia tidak pernah melakukan apapun dan masih tinggal dengan kenangan pahitnya. Menikmati semua kesedihan dan suka menyiksa diri dengan terus mengingat dan mengingat kesakitannya itu. Mengasihani diri sendiri dan merasa menjadi orang yang paling menyedihkan.  Kalau Kamu masih seperti itu maka Kamu tidak akan pernah move on!


Tidak ada yang bisa memotivasi atau membantu Kamu untuk bisa bangkit atau move on kecuali diri Kamu sendiri. Move on atau tidak itu adalah sebuah keputusan. Apakah Kamu mau hidup di masa lalu terus atau bangkit dan belajar memulai hidup baru. Semua Kamu yang memutuskan, apakah Kamu mau jadi loser atau winner? Dan Saya berharap Kamu mau melakukan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri. Ingat, waktu itu terus berjalan, jangan sampai Kamu menyesal setelah tua dan tidak memiliki siapa-siapa dan apa-apa!

Monday, April 13, 2015

Membangun Personal Branding Melalui Tulisan

Saya pernah menulis artikel bagaimana branding seseorang mempengaruhi penjualan. Seperti kita tahu  branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand

Sekarang ini brand bukan hanya untuk perusahaan saja tetapi juga untuk pribadi. Orang mulai menganggap bahwa personal branding itu penting. Banyak dilakukan untuk melakukan personal branding, salah satunya dengan menulis. Menulis buku, menulis di koran atau majalah. Tetapi untuk pemula bisa melakukan dengan menulis di Blog. Kalau belum punya Blog bisa membuatnya. Caranya bisa lihat klik  Cara membuat blog 
Apa saja yang harus ditulis dalam blog untuk melakukan personal branding?

Mencari Mutiara Diri
Mulai bertanya kepada diri sendiri atau mencari mutiara mutiara dalam diri sendiri. Ketahuilah apa passionmu? Apa kelebihanmu dan kekuatan yang sudah kamu punyai. Apa yang membuat dirimu unik dan berbeda dengan orang lain. Tulis semua dalam secarik kertas dan analisa semuanya. Gali dan kenali diri sendiri sehingga akan memudahkan kamu untuk memulai branding diri sendiri.

Suarakan Dirimu
Setelah kamu mengetahui semua tentang dirimu ini saatnya menyuarakan dirimu lewat tulisan. Pikirkan brand apa yang ingin kamu perkenalkan. Kamu ingin dikenal sebagai apa atau siapa. Misal kalau ingin dikenal sebagai Chef atau ahli membuat kue, maka sebaiknya menulis artikel tentang resep masakan dengan tip dan trick nya. Tentu brand apa yang ingin kamu ciptakan. Bila sudah diputuskan, kamu harus konsisten dan tidak berubah-ubah. Misalnya hari ini menulis tentang resep masakan besok menulis tentang pakaian. Itu akan membingungkan orang dan tidak konsisten.

Pilih Gayamu
Setelah tahu apa yang ingin kamu brand tentang dirimu, ini saatnya memilih gayamu atau kalau dalam dunia menulis dikatakan genre. Apakah kamu mau menulis dengan gaya yang serius dan baku, atau model yang santai dengan gaya anak muda. Atau kamu mau menulis dengan model wikihow atau kamu mau menciptakan gayamu sendiri. Misalnya, menulis resep masakan dengan diberikan tip atau trick mengolah bahan agar menjadi lezat atau sehat. Atau kamu tambahin manfaat atau kandungan kalorinya untuk kesehatan. Atau kamu bisa menambahkan sejarah dari mana asalnya masakan ini. Karena selama ini orang menulis resep hanya bahan dan cara masak saja yang ditampilkan.

Personal Mission Statement
Untuk membangun personal branding kamu memerlukan memikirkan motto apa yang cocok untuk dirimu. Motto ini akan melekat dengan personal brandingmu. Kamu ingin dikenal sebagai apa? Misal Peter Drucker “social ecologist”, Bill Gates is Technologist. Buat slogan yang menarik dan pribadi tentang diri kamu.


Publish
Konsisten dalam memposting tulisan sangat diperlukan. Tentukan berapa kali dalam sebulan kamu ingin mempublish tulisanmu. Kalau ingin cepat dikenal orang harus sering melakukannya sehingga orang tidak lupa. Desain blog kamu dengan menarik dan beri foto diri kamu sehingga orang tahu siapa diri kamu karena ini adalah personal branding. Masukan foto yang sesuai dengan tema yang  sedang kamu tulis. Misal memposting resep masakan, kamu bisa memasukan foto diri kamu yang sedang memasak atau membawa masakan yang telah siap saji. Jangan memberi foto ketika kamu sedang naik gunung bromo karena itu tidak sesuai dengan brandingmu. Sesuaikan tema blog kamu dengan personal branding yang ingin kamu bangun.

Share it
Setelah selesai sebar luaskan tulisanmu atau blog kamu ke social media, Facebook, twitter, Linkedins, Path dan lainnya. Bila kamu tidak memiliki account segera buat. Kamu perlu membuat kehadiranmu itu diketahui orang. Gunakan sosial media sebagai pijakan untuk membangun brand kamu agar dikenal orang. Ikuti semua group yang berhubungan dengan bidang yang kamu geluti. Dan ini adalah salah satu strategi personal branding. Jangan lupa untuk membuat tag dalam blog kamu sehingga mesin pencari google bisa menemukan jejak keberadaanmu. Semakin banyak kamu membuat tag dan tulisan maka keberadaanmu di dunia maya akan semakin cepat dikenal. Bangun audience kamu di sosial media dan perluas jaringan di sosial media.


Menulis Blog sebagai salah satu cara membangun personal branding, yang bisa dilakukan dengan mudah, menyenangkan dan tanpa biaya. Kamu hanya perlu melakukannya dengan konsisten dan teratur. Selamat Mencoba.