Tentu anda pernah
mendengar bahwa pelayanan itu penting, customer itu nomer satu. Anda pernah
melihat atau tahu banyak penjual yang menjual produk yang sama tapi penjual A
bisa melakukan penjualan yang banyak tapi penjual B sama sekali tidak dapat
pembeli. Banyak faktor kenapa seseorang membeli barang, Bisa karena dia
membutuhkan atau memerlukan barang tersebut, atau suka dengan barang yang
ditawarkan, punya uang untuk membeli. Ketika tertarik atau ingin membeli maka
pembeli akan memilih penjual yang cocok atau dia suka sebelum memutuskan
membeli.
Bagaimanakan agar
menarik Customer agar menyukai dan mencintai Anda? Ini ada beberapa tips
mendasar yang perlu diperhatikan sebelum memasuki ke teknik penjualan atau
pelayanan yang begitu banyak.
1. Love
your self
diri anda.
Sebelum orang lain menyukai anda, anda harus menyukai diri anda sendiri, tidak
hanya menyukai tapi mencintai diri sendiri. Terimalah diri anda apa adanya.
tidak perlu merasa minder atau merasa kurang cantik atau tampan. Percayalah
setiap orang mempunyai kecantikannya masing-masing yang itu akan terpancar
keluar dalam diri bila anda mencintai diri sendiri. Mulailah dengan merawat
diri sendiri, menjaga kebersihan diri, menjaga penampilan diri. Agar selalu
terlihat rapi dan enak dilihat. Hindari bau badan atau bau mulut. Hindari
parfum yang berlebihan atau bau-bauan yang bisa mengganggu orang lain ketika berdekatan.
Bila mau bertemu klien pastikan penampilan Anda bersih, enak dilihat, wangi dan
bersih.
2. Be
Confident
Percayalah pada diri sendiri,
kalau diri sendiri aja tidak bisa dipercayai bagaimana orang lain akan
mempercayai Anda. Kalau anda tidak percaya diri maka ketika berhadapan dengan
orang lain maka akan terlihat ragu-ragu dan takut-takut sehingga orang tidak
akan menghargai atau bisa jadi akan meremehkan anda. Tanyakan pada diri sendiri
apa yang membuat anda ragu atau takut. Cari solusi untuk mengatasinya. Kenali
potensi diri Anda, ketahui kekuatan dan kelemahan Anda. Bila Anda merasa tidak
pandai berbicara, mulai belajar berbicara, latihan dan siapkan scriptnya
terlebih dahulu. Anda bisa berlatih di depan cermin atau berlatih dengan teman
Anda, Saudara atau orang tua Anda. Bangun terus rasa percaya diri Anda.
3. Attitude
Pembeli akan suka dengan penjual
yang ramah dan menyenangkan. Pelanggan akan merasa nyaman dan
senang bila
dilayani dengan sopan dan baik. Sikap yang baik itu sangat penting. Pembeli juga
tidak suka dengan penjual yang bersikap berlebihan misal, suka pegang-pegang,
lebay, ramah yang dibuat-buat. Atau menunjukkan sikap yang ogah-ogahan atau sikap
tidak bersemangat. Pernah ada seorang sales yang sedang kesal dengan perusahaan
atau Bos-nya dia melayani kliennya dengan malas-malasan. Dan ketika dia pindah
ke tempat lain klien yang pernah dilayani itu ingat dia dan tidak mau dilayani oleh
sales ini. Orang mungkin tidak ingat apa yang Anda katakan tapi dia akan ingat
bagaimana sikap anda waktu melayani dia.
Kalau pekerjaan anda memang sales atau marketing, ingatlah selalu klien
anda yang sekarang akan selalu bisa menjadi klien anda dimasa yang akan datang.
4. Respect
Perlakukan klien atau customer
anda dengan respek, hargai customer anda. Dengan menghargai orang lain kita
juga akan diharagi. Bila kita berkenalan ingat baik-baik namanya. Bila kita
janjian ketemu datang tepat waktu. Hargai waktunya, jangan datang terlambat
atau menjelaskan dengan bertele-tele. Hargai pendapat customer, jangan menggurui
atau menganggap customer bodoh atau tidak tahu. Jangan memaksa pembeli untuk
membeli produk anda. Tempatkan diri Anda pada posisi klien sehingga Anda akan
tahu dan merasakan bagaimana kalau Anda diperlakkan dengan baik.
5. Helpful
Selalu siap membantu customer.
Mencari tahu apa yang dibutuhkan customer dan membantunya. Bila kita tidak mempunyai
barang yang klien cari, maka kita bisa memberikan rekomendasi dimana bisa
mendapatkan barang tersebut. Jangan hanya melihat bahwa tugas saya hanya
menjual ngapain harus repot-repot bantu, gaji saya tidak seberapa ngapain
capek-capek. Ini adalah mental yang jelek dan tidak helpful. Harap diingat
orang akan selalu menghargai dan ingat apa yang telah Anda lakukan dan
Pelanggan yang puas ada kemungkinan merekomendasikan ke orang lain. Saya ingat
waktu akan kembali ke Surabaya dari Pontianak dan mengalami keterlambatan
koneksi pesawat. Petugas bagian ticketing garuda benar-benar menolong saya, dia
yang begitu helpful mencarikan saya penerbangan sambungan dan memberikan saya
fasilitas menunggu di lounge. Beda dengan pramugari citilink yang menyuruh penumpang cepat-cepat duduk
tanpa membantu penumpang untuk menempatkan bagasinya.
6. Product
knowledge
Sebagai seorang penjual mengetahui
apa yang kita jual itu sangat penting. Pembeli pasti akan tidak suka ketika dia
bertanya tentang produk yang kita jual dan kita tidak bisa menjawabnya. Kita
harus tahu semua tentang apa yang kita jual. Berapa harganya, apa
spesifikasinya? Apa ada garansi atau apa saja fungsinya. Apa yang terbaik dari
yang kita jual kenapa itu layak beli. Dan kita juga harus tahu produk dari
pesaing kita karena biasanya pelanggan suka membandingkan antara satu produk
dengan produk yang lain. Kita tidak perlu menjelekan produk pesaing kita tapi
kita haru tahu apa kelebihan dari produk kita.
7. Active
listening
Jadilah pendengar yang baik,
dengarkan apa yang klien mau atau harapkan. Dengarkan dengan sepenuh hati.
Adakan kontak mata, relax, senyum dan jangan menyelah ketika klien sedang
bicara, tunjukan empati ketika dia sedang bercerita. Jangan ngajak berdebat
dengan klien. Konfirmasi kesimpulan anda kepada klien apakah yang dimaksud dari
pembicaraannya seperti yang Anda tangkap atau mengerti. Perhatikan nada bicara
anda ketika memberikan respon atau feedback. Jangan menunjukan emosi bila anda
tidak suka dengan apa yang klien katakan. Tetap tenang dan berikan senyum.
Perhatikan jarak antara anda dengan klien, jangan duduk atau berdiri terlalu
dekat yang membuat orang tidak nyaman.
8. Integrity
Integrity ini sangat penting, apa
yang telah kita katakan harus sesuai dengan apa yang kita lakukan. Harus bisa dipercaya atau jujur,Tidak curang,
korupsi, Tidak membual atau omong besar, Menjunjung tinggi nilai moral. Harap
diingat dalam bisnis Integrity itu harus dijaga dan dipegang teguh sekali kita
tidak dipercaya orang maka akan sangat susah bagi kita untuk menjalankan
bisnis.
9. Comitmen
Selalu memegang janji dan
kata-kata, Bertanggung jawab dengan apa yang telah dikatakan atau dijanjikan.
Misalnya bila sudah menjanjikan akan mengirim barang yang sudah dijanjikan
harus benar dilakukan, jangan karena ingin laku padahal barang tidak maka
mengatakan barang ada dan akan dikirim. Atau mengganti barang yang telah
dipilih pembeli tanpa memberitahukan terlebih dahulu.
10. Well
Organised
Jadilah pribadi yang menyenangkan sehingga orang akan susah
atau merasa tidak enak untuk menolak anda. Berilah kesan yang menyenangkan
sehingga klien akan mengingat anda. Orang tidak akan ingat apa yang anda
katakan setela berapa lama bertemu dengan anda tapi mereka akan ingat sikap
anda dan bagaimana perlakuan anda terhada klien anda.
Tulisan ini disarikan dari Seminar dengan judul yang sama pada tanggal 21 agustus 2013 di Universitas Ciputra Surabaya oleh Poedjiati Tan
Tulisan ini disarikan dari Seminar dengan judul yang sama pada tanggal 21 agustus 2013 di Universitas Ciputra Surabaya oleh Poedjiati Tan
TOP BGT
ReplyDeleteThanks sob untuk informasi tipsnya :)
ReplyDeletehttp://goo.gl/nizLzD
okey..
ReplyDeletelangsung tancep
Saat kita melakukan marketing dalam bisnis, misalnya Anda menjadi Agen dari Produk Onyx , pelayanan memang nomer satu... pelayanan yang baik dan ramah tentu akan membuat customers tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan.
ReplyDeletedahsyat
ReplyDeleteharga juga ikut ambil peran karena bisnis kita pasti ada sainga lainya. Biarpun orang itu udah menjadi langganan kita tapi kalau dia melihat ke tempat lain ada yg lebih murah untuk produk yg sama maka larilah langganan kita itu...hehehehe
ReplyDeleteThanks friend
ReplyDeleteMudah2an bermanfaat ilmu yg diberikan dan semoga dimurahkan rezekinya
Amiiin ...
Ingin menambah wawasan dengan bekerja diluar rmh dan menghasilkan ?
ReplyDeleteContact me for info (wa) 089668842667
Terima kasih untuk ulasannya admin. Sangat bermanfaa bagi kami yang kami berbisnis dan pemasaran lewat onlinr
ReplyDelete