Mungkin anda pernah mengalami ketika berbelanja di mall atau di plasa,
SPGnya sedang asik main HP dan malas-malasan melayani pertanyaan Anda. Atau
mungkin Anda sering melihat para penjaga stand yang bercanda tanpa menghiraukan
pembeli atau pelayanan.
Pernah suatu hari saya sedang mencari sebuah printer di Hitech Mall. Saya
masuk di toko printer, “mbak ada printer laser?Tanya saya. Penjaga toko itu
menjawab tanpa melihat wajah saya dan asyik dengan Hpnya. “Ada! Tentu saya
ingin melihat barangnya karena sayang ingin membelinya. “Bisa lihat barangnya?
Lalu penjaga toko itu meletakan hpnya dan berkata, “Tapi mahal!. Saya
sebetulnya tidak suka dengan jawabannya. “Iya, berapa?Tanya saya. “Satu juta
dua ratus!Jawabnya kembali sambil melihat hp. Karena harganya terjangkau dengan
budget say ntuk mebeli printer maka sayapun ingin membelinya. “Iya boleh lihat
barangnya?Tanya saya. Lalu dengan enteng dia menjawab, “barangnya masih belum
ada, habis! Kalau yang lain mau?Tanyanya. Saya langsung menjadi kesal dengan
sikap penjual itu. “Kalau habis ya nggak usah ditawarkan, mbak! Kalau nggak
niat bekerja sebaiknya tokonya ditutup aja!Kata saya sambil keluar dari
tokonya.
Dalam bisnis retail itu pelayanan sangat penting tapi sering dilupakan. Banyak
pengusaha membuka beberapa toko tapi tidak mempesiapkan tenaga penjaga toko
yang kompeten. Sehingga pelayanannya buruk yang akan berdampak pada penjualan.
Menurut Survey (Marketing.co.id 2012) Dari seluruh konsumen yang disurvei, 41
persen di antaranya mengatakan bahwa kekecewaan terbesar pada staf di toko
adalah kurangnya minat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Dan meskipun
lebih dari tiga perempat konsumen menyatakan lebih suka berbelanja di toko
ketimbang online, 88 persen dari mereka menyatakan akan meninggalkan toko bila
pelayanan yang diberikan payah.
Orang akan meninggalkan toko bila mereka merasa tidak dilayani dengan baik.
Meskipun sekarang banyak toko online, tapi orang masih suka berbelanja di toko
karena bisa melihat barangnya, mencobanya dan langsung bisa membawa pulang
barangnya. Sebetulnya apa yang menjadi evaluasi pelanggan terhadap sebuah toko?
Menurut Levy dan Barton (1995)
Aspek-aspek Pelayanan yang dievaluasi Konsumen adalah :
Aspek yang tangibles :
Aspek yang jelas tampak oleh mata. Seperti bagaimana penampilan tokonya.
Apakah gelap, suram, berantakan atau rapi dan menyenangkan. Bagaimana pemilik
toko mengatur display dan rak barangnya. Bagaimana penampilan karyawan tokonya.
Apakah mereka menggunakan seragam atau tidak. Apakah penampilan karyawannya
seperti orang bangun tidur? Atau berpenampilan segar, rapi dan wangi.
Pemahaman terhadap pelanggan :
Pelayan toko hendaknya memberikan perhatian kepada konsumennya. Akan lebih
baik lagi bila bisa mengenal pelanggannya. Misal tahu kesukaan pelanggan dan
tahu apa yang dimau. Saya punya langganan depot kwetiau, pelayannya selalu tahu
kalau saya tidak suka sawi dan setiap kali saya pesan kwetiau goreng dia selalu
tanya nggak pakai sawi ya bu? Dia sudah hafal dengan apa yang saya sukai dan
tidak sehingga membuat saya selalu kembali ke depot tersebut.
Perilaku yang sopan
Peyananan yang bai dan bersahabat akan membuat konsumen senang berbelaja di tempat anda. Bagaimana menghargai pelanggan dan menunjukan sikap perhatian. Yang dimaksud sikap perhatian adalah mendengarkan dan memperhatikan ketika diajak berbicara oleh konsumenKeamanan :
Bila mempunyai toko yang tidak di mall, faktor keamanan di area parkir
sangatlah penting. Karena kalau orang memarkir kendaraannya untuk berbelanja
dan merasa takut motornya akan hilang maka dia akan berbelanja dengan buru-buru
dan tidak tenang. Dan kemungkinan lain dia tidak akan kembali berbelanja
disana. Keamanan lainnya adalah terjaganya kerahasian transaksi konsumen.
Kredibilitas :
Kredibilitas adalah sangat penting, bagaimana reputasi toko anda
menjalankan komitmennya. Misalnya dalam memberikan garansi terhadap pembelian
barang. Apakah karyawan toko bisa dipercaya tidak mengambil keuntungan pribadi.
Bagaimana kebijakan bila ada barang yang rusak atau waktu pengembalian barang.
Reliability :
Bagaimana keakuratan bon pembelian, kadang ada kasir yang teledor memasukan
item pembelian hingga dua kali sehingga konsumen harus membayar lebih.
Bagaimana petugas toko dapat melayani dengan cepat sehingga tidak perlu
menunggu terlalu lama
Akses
Bagaimana toko anda diakses oleh pelanggan. Kemudahan dalam bertransaksi.
Waktu buka toko yang sesuai. Kalau Anda sudah menentukan jam buka toko maka
anda harus menjalankannya sehingga konsumen tidak kecewa karena akan berbelanja
ternyata toko masih tutup. Keberadaan
manajer atau kepala toko untuk menyelesaikan masalah.
Kompetensi/kecakapan
Kemampuan atau pengetahuan dalam menjual produk itu sangat penting. Jangan
sampai ketika ditanya spesifikasi suatu barang tidak mengerti dan ketrampilan
karyawan
Bisa menjawab setiap pertanyaan pelanggan dan bila tidak bisa menjawab tahu
harus mengatakan bagaimana agar terlihat sopan.
Responsiveness
Ketika pelanggan membutuh bantuan penjaga toko harus segera memenuhi
panggilan pelanggan. Ada beberapa penjaga toko yang seperti ogah-ogahan atau
lelet apalagi bila melihat pelanggan yang cerewet.
Dalam hal pelayanan industri retail masih kalah dibandingkan industri restauran, perhotelan, dan perbankan.
Dibandingkan industri lainnya dalam hal layanan Industri retail sangat
rendah; bank memiliki skor 10,8 persen,
restoran dan pub 28,3 persen, dan hotel 31,5 persen. Ini menjadi peringatan
para retailer untuk menemukan cara yang efektif dalam mengembangkan bisnis
retail. Industri ritel harus sadar pentingnya pelayanan terhadap pelanggan.
Bolavita adalah situs agen judi online yang menyediakan berbagai jenis permainan taruhan online yang cukup lengkap antara lain adalah sabung ayam live, casino live, poker online, tembak ikan, togel online, bola tangkas, slot, ding-dong, taruhan bola, basket dan masih banyak lainnya....
ReplyDeleteBolavita Agen Judi Online Menyediakan berbagai layanan transaksi seperti :
• judi online ovo
• judi online dana
• judi online Linkaja
• judi online deposit rekening
Tersedia Bonus :
• Bonus Deposit Pertama 10%
• Bonus Cashback 5% s/d 10% Setiap Minggu
• Bonus Referral 7% + 2% (seumur hidup)
• Bonus Potongan Togel 30% s/d 66%
• Bonus Rollingan Casino 0.5% + 0.7%
• Bonus 100% ( Khusus Sabung Ayam Live & Sexy Baccarat )
Link pendaftar : http://159.89.197.59/register/
Layanan 24 Jam : http://bit.ly/kontakonline24jam