Monday, April 7, 2014

Usaha membuka toko Sembako paling banyak diminati untuk orang yang baru memulai usaha. Karena dianggap paling mudah dan modal bisa disesuaikan dengan besar kecilnya usaha. Usaha toko sembako ini mempunyai peluang yang bagus asal bisa mengelolah dengan baik dan benar. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuka toko sembako

Lokasi
Lokasi toko yang strategis memang sangat menunjang keberhasilan sebuah usaha. Apalagi kalau itu terletak dipingir jalan sehingga bisa buka dari pagi sampai malam. Bila lokasi tidak strategis harus ditingkatkan promosi mengenai toko anda sehingga prang tahu bahwa ada toko sembako baru di tempat anda. Lokasi yang tidak strategis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikenal oleh calon pembeli dan membutuh promosi yang lebih lama.

Pemilihan barang yang akan dijual
Bila modal tidak terlalu besar dan memulai dari yang kecil, pemilihan jenis barang yang akan dijual sangat penting. Utamankan menjual kebutuhan pokok yang biasa dibeli orang. Misalnya : Beras, Gula, Kopi, Mie instan, Telor, Minyak, bumbu dan item-item yang bisa tahan lama. Setelah kebutuhan pokok itu ada dan masih ada modal bisa dilengkapi kebutuhan lain misalnya Sabun, Shampo, Deterjen dan kebutuhan lainnya. Perlahan tapi pasti lengkapi toko anda disesuaikan dengan kebutuhan pasar dilingkungan anda. Sehingga toko anda menjadi toko yang paling lengkap. Usahakan menjual barang yang fsat moving atau cepat laku sehingga perputarannya cepat. Lakukan survey di daerah anda tersebut penduduknya seperti apa ( tingkat usia, ekonomi, jenis kelamin, dl) misalnya kalau disana banyak pasangan muda yang baru mempunyai anak dan tingkat ekonomi menengah kebawah, anda bisa menjual susu dengan kemasan yang kecil 300gr, menjual minyak putih, minyak telon, bedak bayi, makanan bayi dll. Kalau banyak pekerja pria bisa menjual rokok, minuman berenergi dll. Selalu memperhatikan perkambangan misal bila di televisi ada iklan produk mie instan baru usahakan anda segera kulakan karena biasanya orang akan tanya dan mencari. Bila ada trend produk makanan tertentu anda bisa mengadakannya untuk toko anda

Penentuan harga jual
Sebelum menentukan harga jual barang anda, ada baiknya kalau anda survey terlebih dahulu harga barang di penjual atau toko di sekitar Anda. Dengan melakukan survey terlebih dahulu anda bisa menjualnya lebih murah dari pesaing. Meskipun beda lima puluh rupiah atau seratus orang akan memilih toko anda. Sehingga toko anda terkenal dengan harga yang murah dan bisa menarik pembeli

Pemilihan Suplier
Kalau sudah memutuskan bahwa toko sembako anda toko dengan harga yang murah maka anda harus mencari agen atau suplier yang harganya bisa murah dan sistem pembayaran berjangka. Atau bisa juga dengan sistem konsinyasi, bayar bila barang sudah terjual. Cari suplier yang bisa memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran serta harga terjangkau.

Penataan Barang
Penataan barang yang rapi dan menarik akan membuat toko anda terlihat lengkap dan enak dilihat. Selain itu akan memudahkan anda mencari barang. Lakukan penggolongan sesuai jenis barangnya. Kalau anda bingung bagaimana mengaturnya, anda bisa mencotohnya di supermarket-supermarket yang ada. Tempatkan barang yang berat dibagian bawah dan yang ringan dibagian atas.

Pelayanan dan komunikasi
Pelayanan dan cara bertanya yang ramah dan menyenangkan akan mempengaruhi toko anda. Kata Confucius kalau anda tidak bisa tersenyum jangan buka toko. Usahakan selalu menyapa dengan ramah dan dan tersenyum. Meskipun anda sedang bad mood usahakan tetap bisa bertanya dengan sopan dan baik. Tidak perlu tersinggung bila ada pembeli yang menawar dagangan anda. Tetap layani dengan baik dan memberikan senyum.  

Menjaga Kualitas dan Kejujuran
Selalu cek barang dagangan anda khususnya masa kedaluwarsanya. Jaga dan rawat barang dagangan anda agar tidak berdebu. Jaga kebersihan toko dari semut, kutu, kecoak dan tikus yang suka makan beras dan barang dagangan.  Kejujuran dalam berjualan itu harus ditanamkan sejak awal misalnya takaran atau timbangan jangan sampai berkurang. Tidak menjual barang yang palsu atau yang bisa membuat orang sakit atau merugikan orang lain. Kita hanya bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan kejujuran.

Pencatatan
Kelemahan toko sembako kecil adalah tidak pernah mencatat pengeluaran dan pemasukan, begitupula dengan stock barang. Sehingga tidak ada data yang terekam ketika akan kulakan uangnya tidak ada atau lupa barang yang habis apa. Uang dagangan habis terpakai untuk kebutuhan rumah tangga sehingga lama-lama tokonya tutup atau tidak bisa bayar suplier. Jadi harus dibedakan antara uang usaha dan uang untuk biaya rumah tangga. Bila ada uang lebih bisa membeli mesin cash register yang akan mencatat penjualan setiap hari.

Layanan lebih
Untuk memenangkan persaingan kita harus bisa kreatif dalam memberikan pelayanan atau memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Misal melayani pemesanan melaui telpon, sms, bbm, whatsapp dan bisa diantar dengan minimal pemesanan dua puluh lima ribu. Menjual paket-paket sembako dengan harga khusus. Misal menjual kerupuk dengan minyak goreng. Kopi dengan gula dan lain lain. Jangan biarkan pembeli menunggu terlalu lama kalau toko anda laris usahakan mempunyai asisten yang cekatan untuk membantu anda. Anda juga bisa memberikan tips-tips kepada pelanggan misalnya cara memasak yang enak, tentang kegunaan produk tertentu dll.

Menjual pada hari spesial
Gunakan hari-hari spesial untuk meningkatkan penjualan. Misal menjelang puasa dan lebaran, dimana orang membuat kue dan masak untuk lebaran. Maka anda harus memperbanyak jualan tepung, gula, telor, minyak, sirup dan bisa juga ditambahkan menjual kue kering, kurma, kue kaleng, minuman dalam kemasan. Kalau menjelang tahun ajaran baru anda bisa menjual buku tulis yang sudah dipaket, alat-alat tulis, kotak pensil dan perlengkapan lainnya. Memberikan promo denganharga spesial. Dengan mengetahui hari hari khusus di daerah anda maka bisa meningkatkan penjualan.


Tips ini mungkin tidak mewakili semua hal yang akan terjadi, masih banyak hal-hal yang akan anda jumpai ketika membuka toko anda dan tidak terdapat dalam tips diatas. Tetapi anda bisa belajar sambil bekerja yang akan menjadikan pengalaman dan guru terbaik buat anda untuk menjadi besar dan membuka toko kedua. Terus belajar dan menjadi yang terbaik.  

4 comments:

  1. Terimakasih atas infonya. sukses selalu ya

    salam kenal
    Rak Gudang PT Aku Sayang Indonesia Ku

    ReplyDelete
  2. Halo Sobat, sungguh informasi yg sangat menarik, Jadi dapat ilmu di sini, Makasih ya sob.
    Solar Industri,
    Jual HSD Solar Industri,
    Solar Industri murah,

    ReplyDelete
  3. Pekenalkan Kami Dari CV. INDAH MANJA NUSANTARA    Salah Satu Distributor/ Supplier Yang Bergerak Di Bidang Perdagangan Yang Menyediakan Kebutuhan Pokok ( Sembako Dan Fast Poving Consumer Goods Lainnya) Yang Diperlukan Oleh Masyarakat Luas Setiap Harinya.
    Kami Melayani Penjualan Ritel, Grosir, Dan Juga Pengiriman Sembako Di Seluruh Wilayah Indonesia. Kami Menjamin Semua Barang/ Produk Yang Kami Jual Dan Kirimkan Kepada Anda Telah Diperiksa Terlebih Dahulu Dan Telah Dipastikan Dalam Kondisi Baik.
    Namun Kerusakan Mungkin Terjadi Saat Pengiriman, Dan Hal Ini Merupakan Tanggung Jawab Kami Sepenuhnya. 
    Oleh Karenanya, Jika Paket Yang Anda Terima Dalam Kondisinya Cacat Atau Rusak, Segera Hubungi Kami Dan Kami Juga Siap Return Ulang Untuk Barang Anda Yang Rusak. 

      Visi : 

     • Menjadi Perusahaan Yang Unggul Dan Tangguh Dalam Bidang Distributor Dan Supplier 
     • Membangun Perusahaan Yang Ber-Etika Bisnis Untuk Kesejahteraan Bersama.

     Misi : 

     • Bekerja Keras Menciptakan Peluang Dan Pertumbuhan Untuk Menjadi Perusahaan Yang Terbaik Di Indonesia
     • Mengutamakan Mutu Dan Pelayanan Demi Kepuasan Pelanggan.

     • Menjadi Mitra Usaha Yang Andal Dan Terpercaya. -Motto Kami : • Kami Lebih Memahami Kebutuhan                   Costumer 
    • Kepuasan Anda Adalah Cahaya Keceriaan Bagi Kami. -Service / Layanan : Untuk Kepuasan Costumer, Kami       Berkomitmen Akan Memberikan Layanan Maksimal Kepada Costumer Berupa Merespon Dengan Cepat               Permintaan Dan Pengiriman Sampai Ke Workshop / Project Costumer Dengan Tepat Waktu.!!  

    CV. INDAH MANJA NUSANTARA ALAMAT: Jln. Raya Pasar Minggu No44. Rt6. Rw1. 12520 Indonesia Jakarta Selatan ibu kota jakarta
    GMAIL:  indah.manjanusantara@gmail.comTelepon:  0877 1146 8032
    Website: https://cvindahmanjanusantarasembako.blogspot.com

    ReplyDelete