Monday, April 13, 2015

Saya pernah menulis artikel bagaimana branding seseorang mempengaruhi penjualan. Seperti kita tahu  branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand

Sekarang ini brand bukan hanya untuk perusahaan saja tetapi juga untuk pribadi. Orang mulai menganggap bahwa personal branding itu penting. Banyak dilakukan untuk melakukan personal branding, salah satunya dengan menulis. Menulis buku, menulis di koran atau majalah. Tetapi untuk pemula bisa melakukan dengan menulis di Blog. Kalau belum punya Blog bisa membuatnya. Caranya bisa lihat klik  Cara membuat blog 
Apa saja yang harus ditulis dalam blog untuk melakukan personal branding?

Mencari Mutiara Diri
Mulai bertanya kepada diri sendiri atau mencari mutiara mutiara dalam diri sendiri. Ketahuilah apa passionmu? Apa kelebihanmu dan kekuatan yang sudah kamu punyai. Apa yang membuat dirimu unik dan berbeda dengan orang lain. Tulis semua dalam secarik kertas dan analisa semuanya. Gali dan kenali diri sendiri sehingga akan memudahkan kamu untuk memulai branding diri sendiri.

Suarakan Dirimu
Setelah kamu mengetahui semua tentang dirimu ini saatnya menyuarakan dirimu lewat tulisan. Pikirkan brand apa yang ingin kamu perkenalkan. Kamu ingin dikenal sebagai apa atau siapa. Misal kalau ingin dikenal sebagai Chef atau ahli membuat kue, maka sebaiknya menulis artikel tentang resep masakan dengan tip dan trick nya. Tentu brand apa yang ingin kamu ciptakan. Bila sudah diputuskan, kamu harus konsisten dan tidak berubah-ubah. Misalnya hari ini menulis tentang resep masakan besok menulis tentang pakaian. Itu akan membingungkan orang dan tidak konsisten.

Pilih Gayamu
Setelah tahu apa yang ingin kamu brand tentang dirimu, ini saatnya memilih gayamu atau kalau dalam dunia menulis dikatakan genre. Apakah kamu mau menulis dengan gaya yang serius dan baku, atau model yang santai dengan gaya anak muda. Atau kamu mau menulis dengan model wikihow atau kamu mau menciptakan gayamu sendiri. Misalnya, menulis resep masakan dengan diberikan tip atau trick mengolah bahan agar menjadi lezat atau sehat. Atau kamu tambahin manfaat atau kandungan kalorinya untuk kesehatan. Atau kamu bisa menambahkan sejarah dari mana asalnya masakan ini. Karena selama ini orang menulis resep hanya bahan dan cara masak saja yang ditampilkan.

Personal Mission Statement
Untuk membangun personal branding kamu memerlukan memikirkan motto apa yang cocok untuk dirimu. Motto ini akan melekat dengan personal brandingmu. Kamu ingin dikenal sebagai apa? Misal Peter Drucker “social ecologist”, Bill Gates is Technologist. Buat slogan yang menarik dan pribadi tentang diri kamu.


Publish
Konsisten dalam memposting tulisan sangat diperlukan. Tentukan berapa kali dalam sebulan kamu ingin mempublish tulisanmu. Kalau ingin cepat dikenal orang harus sering melakukannya sehingga orang tidak lupa. Desain blog kamu dengan menarik dan beri foto diri kamu sehingga orang tahu siapa diri kamu karena ini adalah personal branding. Masukan foto yang sesuai dengan tema yang  sedang kamu tulis. Misal memposting resep masakan, kamu bisa memasukan foto diri kamu yang sedang memasak atau membawa masakan yang telah siap saji. Jangan memberi foto ketika kamu sedang naik gunung bromo karena itu tidak sesuai dengan brandingmu. Sesuaikan tema blog kamu dengan personal branding yang ingin kamu bangun.

Share it
Setelah selesai sebar luaskan tulisanmu atau blog kamu ke social media, Facebook, twitter, Linkedins, Path dan lainnya. Bila kamu tidak memiliki account segera buat. Kamu perlu membuat kehadiranmu itu diketahui orang. Gunakan sosial media sebagai pijakan untuk membangun brand kamu agar dikenal orang. Ikuti semua group yang berhubungan dengan bidang yang kamu geluti. Dan ini adalah salah satu strategi personal branding. Jangan lupa untuk membuat tag dalam blog kamu sehingga mesin pencari google bisa menemukan jejak keberadaanmu. Semakin banyak kamu membuat tag dan tulisan maka keberadaanmu di dunia maya akan semakin cepat dikenal. Bangun audience kamu di sosial media dan perluas jaringan di sosial media.


Menulis Blog sebagai salah satu cara membangun personal branding, yang bisa dilakukan dengan mudah, menyenangkan dan tanpa biaya. Kamu hanya perlu melakukannya dengan konsisten dan teratur. Selamat Mencoba. 

0 comments:

Post a Comment