Friday, June 19, 2015

Banyak usaha yang gagal karena buruknya management. Kurangnya pengetahuan dibidang management yang meliputi keuangan, pembelian, penjualan, produksi, mengatur karyawan. Misalnya kita membuat usaha toko kue, kita harus bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan dan berapa harga jual yang akan kita tetapkan. Atau kalau kita membuka toko sembako kita harus tahu dimana kita bisa membeli barang kulakan yang paling murah sehingga kita bisa mempunyai keuntungan. Mempunyai catatan stock barang dan keluar masuknya barang.
Yang sering terjadi juga adalah tidak ada pembedaan anatara uang usaha dengan uang untuk kebutuhan rumah tangga. Tidak ada pencatatan pembukuan usaha kita sehingga tidak pernah tahu usaha kita untung atau rugi.

Perhitungan modal yang Salah
Sebuah kesalahan fatal yang umum bagi pebisnis pemula adalah tidak menghitung berapa modal yang dibutuhkan, sehingga mereka tidak memiliki dana operasional yang mencukupi. Pemilik usaha meremehkan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berpikiran yang penting buka dulu dan memulai usaha. Sehingga akhirnya harus menutup usahanya karena kehabisan uang untuk operasional. Misalnya ketika akan kulakan uangnya tidak ada, atau ketika akan membuat roti tidak bisa membeli tepung karena uangnya tidak ada.
Mereka seringkali tidak realistis dan juga memiliki harapan yang tidak realistis dari pendapatan yang masuk dari penjualan.
Sangat penting untuk memastikan berapa banyak uang akan diperlukan untuk menjalankan usaha; tidak hanya biaya awal untuk memulai, tetapi juga biaya untuk menjalankan bisnis.  Misalnya ada penjualan atau tidak usaha anda tetap jalan dan bisa berproduksi atau anda sendiri bisa makan.

Product Problem
Salah satu penyebab kegagalan bisnis adalah orang sering tidak memperhatikan productnya. Misalnya bila usaha Anda product makanan tidak ada standart rasa, ukuran, bentuk dan kualitas. Kalau membuat roti rasa harus sama dan ukuran besar roti harus sama. Jangan sampai hari ini besar besok kecil atau tengahnya tidak matang. Kalau usaha Mie Ayam atau Bakso. Porsi satu mangkok harus sama begitu pula dengan rasanya harus konsisten. Jangan hari ini enak tapi besok jadi keasinan.
Kalau membuka toko sembako harus dilihat produknya jangan sampai kedaluwarsa atau berjamur atau rusak dan harus dilakukan pengecekan setiap hari. Barang-barangnya diusahakan selalu bersih tidak berdebu.
Jangan sampai mengecewakan pembeli sehingga tidak mau datang lagi membeli atau yang lebih parah kalau mereka memberitahu orang lain kalau produk kita bermasalah.

Lokasi Usaha
Lokasi usaha menentukan keberhasilan usaha anda. Faktor-faktor yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan  :
-          Dimana calon pembeli anda?
-          Apakah tempat usaha Anda banyak dilalui orang, dan bisa dijangkau.
-          Apakah ada penerangan, tempat parkir?
-          Apakah sudah ada pesaing disana?
-          Kebiasaan penduduk sekitar sana.

Misal : Anda ingin membuka warung Mie Ayam dan bakso. Dan Anda berpikir membukanya di depan rumah Anda, padahal rumah Anda di daerah persawahan atau ladang. Tetangga Anda berjauhan dan Ternyata Orang disekitar Anda tidak suka jajan atau membeli makanan di luar, maka bisa dipastikan Usaha Anda akan gagal.

Jadi sebelum mulai usaha pastikan dahulu anda melakukan survey dan mempelajari perilaku orang di sekitar Anda. Apakah disana memungkinkan untuk memulai usaha dan mempunyai prospek.

Tempat Usaha
Selain Lokasi kita juga harus memperhatikan tempat usaha kita. Kenapa Alfamart atau Indomart lebih berhasil daripada toko kita? Selain mereka mempunyai sistem yang telah rapi mereka juga menata tokonya dengan baik. Banyak toko atau warung yang meletakan barangnya asal atau berantakan. Tokonya gelap dengan penerangan yang secukupnya.
Penerangan dalam toko atau warung itu sangat penting dan berpengaruh. Orang akan malas ke tempat kita kalau toko atau warung kita terkesan gelap dan kumuh.
Kebersihan tempat usaha juga sangat berpengaruh. Apalagi bila usaha kita depot makan. Kalau tempat usaha kita itu kotor, banyak lalat, kecoa dan lantainya kotor banyak sisa makanan maka orang akan malas dan merasa jijik untuk masuk.
Buat Tempat Usaha kita selalu kelihatan bersih, menarik dan menyenangkan. Sehingga orang merasa senang datang ketempat Anda. Beri papan nama toko yang jelas dan terbaca sehingga orang ingat nama toko anda.

Promosi.
Yang sering terjadi ketika orang baru membuka toko adalah diam menunggu pembeli datang tanpa melakukan usaha apapun. Kadang merasa malu kalau mau meberitahu orang lain kalau Anda mempunyai toko baru. Orang tidak akan tahu kalau Anda mempunyai toko atau depot kalau Anda tidak mempromosikannya. Buatlah Brosur sederhana yang memberikan informasi toko Anda atau produk yang Anda jual. Lakukan Promosi Misalnya dengan memberikan hadiah atau diskon dengan nilai pembelajaan tertentu selama pembukaan. Sebarkan Brosur Anda di para tetangga, di pasar, atau tempat keramaian lainnya.  Beri alamat dan lokasi tempat Anda yang jelas.

Memulai usaha itu mungkin mudah tetapi bagaimana bisa terus berjalan dan berkembang itu yang sulit. Banyak penyebab usaha baru yang bangkrut dan diatas adalah yang penyebab yang sering terjadi. Banyak sekali buku yang mengajarkan bagaimana memulai bisnis baru atau bagaimana menjadi entrepreneur. Tapi itu semua hanya dasar dan sebenarnya kita sendiri yang tahu, apa keinginan kita yang sebenarnya. Jangan menjadi pengusaha karena ikut-ikutan dan beranggapan itu cara cepat menjadi kaya. Karena Usaha itu dibangun step by step tidak ada yang instan. Dibutuhkan kerja keras dan pintar agar sukses dan mempunyai perencanaan yang tepat serta bisa bertindak fleksible, tidak mudah menyerah dan selalu bisa melihat peluang.


0 comments:

Post a Comment