Friday, November 25, 2016

Kalau anda mempunyai kemampuan dibidang elektronik anda bisa memulai usaha sevis elektronik panggilan. Jasa servis panggilan sekarang ini sedang marak karena orang tidak mempunyai waktu untuk datang ke tempat servis. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha ini selain keterampilan.

Peralatan
Pastikan anda memiliki peralatan servis yang lengkap dan selalu periksa kondisi peralatan anda, sehingga ketika anda datang untuk menservis anda tidak bingung mencari peralatan atau peralatan anda rusak. Tata dengan rapi dan beri tempat yang baik (tools box) sehingga anda terlihat profesional.

Spare part/suku cadang
Anda bisa membeli suku cadang yang biasa umum sering menjadi kerusakan barang elektronik atau membelikan bila mengetahui kerusakannya. Selain itu anda juga harus memiliki daftar harga spare part karena bisanya customer akan bertanya harga spare part yang akan diganti. Usahakan sebelum memulai usaha telah mengetahui atau mempunyai rekanan penjual suku cadang sehingga bisa ditelpon untuk mengecek harga.

Promosi
Orang tidak akan tahu usaha servis anda bila anda tidak pernah mempromosikannya. Anda bisa mempromosikan secara online misal menggunakan media sosial atau memasukan di toko online yang bermacam-macam dan gratis.

Konten Promosi
Konten promosi ini sangat penting. Masyarakat luas tidak mengenal anda secara langsung dan konten promosi ini yang mewakili bisnis dan branding anda, jadi pikirkan dengan baik apa saja yang hendak ditampilkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten promosi :
         Sebutkan jasa apa saja yang ditawarkan, apakah anda ingin mengkhususkan servis pada eletronik tertentu, seperti TV saja, mesin cuci, kulkas atau AC.
         Cantumkan alamat tempat usaha anda atau rumah bila belum memilki counter servis sehingga orang merasa yakin bahwa usaha ini nyata.
         Cantumkan beberapa nomer telpon agar bisa dihubungi
         Tampilkan foto diri yang sedang menservis sehingga orang mengenal wajah dan merasa yakin untuk menggunakan jasa anda.

Perlengkapan pendukung
Sebelum memulai usaha siapkan terlebih dahulu nota pembayara dan juga nota tanda terima yang lengkap dengan nama usaha dan alamat anada. Bila Anda harus membawa pulang barang yang diservis berikan nota tanda terima sehingga orang merasa percaya dan tidak membawa kabur barangnya. Cetak juga kartu nama sehingga bisa diberikan kepada orang lain atau orang yang menservis. Anda juga bisa membuat seragam untuk diri sendiri dengan membordir nama usaha anda, selain terlihat rapi juga terlihat resmi dan profesional.

Menetapkan Jasa Servis
Sebelum mempromosikan usaha anda, pastikan dulu berapa patokan biaya servis yang akan anda tagihkan. Bila anda masih bingung bisa mengecek di beberapa kompetitor, berapa mereka mematok jasa servisnya.

Pelayanan after servis
Berikan garansi setelah servis. Misal 3 bulan bila ada kerusakan yang sama maka akan gratis servis. Bila kerusakannya di tempat lain maka akan dikenakan biaya. Dan cantumkan di promosi anda bila jasa anda bergaransi.  

Dalam memulai usaha jasa servis selain keahlian yang perlu dibangun adalah kepercayaan, dan kejujuran. Bila anda memberikan pelayanan yang baik dan bisa dipercarya maka orang akan mempromosikan atau memperkenalkan usaha anda ke orang lain. bila anda tidak bisa mengerjakan atau memang barang itu bisa di servis berikan saran atau solusi lain yang bisa dilakukan pemilik barang atau customer anda.


1 comments:

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. RahmatSanjaya hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya buka webNya di www.programdanaghaib.blogspot.com atau Klik Disini
    semua petunjuk Kh.Rahmat Sanjaya saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Rahmat Sanjaya saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan Klik Disini

    ReplyDelete