Banyak usaha yang gagal
karena buruknya management. Kurangnya pengetahuan dibidang management yang
meliputi keuangan, pembelian, penjualan, produksi, mengatur karyawan. Misalnya
kita membuat usaha toko kue, kita harus bisa menghitung berapa biaya yang
dikeluarkan dan berapa harga jual yang akan kita tetapkan. Atau kalau kita
membuka toko sembako kita harus tahu dimana kita bisa membeli barang kulakan
yang paling murah sehingga kita bisa mempunyai keuntungan. Mempunyai catatan
stock barang dan keluar masuknya barang.
Yang sering terjadi juga
adalah tidak ada pembedaan anatara uang usaha dengan uang untuk kebutuhan rumah
tangga. Tidak ada pencatatan pembukuan usaha kita sehingga tidak pernah tahu
usaha kita untung atau rugi.
Perhitungan modal yang Salah
Sebuah kesalahan fatal
yang umum bagi pebisnis pemula adalah tidak menghitung berapa modal yang
dibutuhkan, sehingga mereka tidak memiliki dana operasional yang mencukupi.
Pemilik usaha meremehkan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berpikiran yang
penting buka dulu dan memulai usaha. Sehingga akhirnya harus menutup usahanya
karena kehabisan uang untuk operasional. Misalnya ketika akan kulakan uangnya
tidak ada, atau ketika akan membuat roti tidak bisa membeli tepung karena
uangnya tidak ada.
Mereka seringkali tidak
realistis dan juga memiliki harapan yang tidak realistis dari pendapatan yang
masuk dari penjualan.
Sangat penting untuk
memastikan berapa banyak uang akan diperlukan untuk menjalankan usaha; tidak
hanya biaya awal untuk memulai, tetapi juga biaya untuk menjalankan bisnis. Misalnya ada penjualan atau tidak usaha anda
tetap jalan dan bisa berproduksi atau anda sendiri bisa makan.
Product Problem
Salah satu penyebab
kegagalan bisnis adalah orang sering tidak memperhatikan productnya. Misalnya
bila usaha Anda product makanan tidak ada standart rasa, ukuran, bentuk dan
kualitas. Kalau membuat roti rasa harus sama dan ukuran besar roti harus sama. Jangan
sampai hari ini besar besok kecil atau tengahnya tidak matang. Kalau usaha Mie
Ayam atau Bakso. Porsi satu mangkok harus sama begitu pula dengan rasanya harus
konsisten. Jangan hari ini enak tapi besok jadi keasinan.
Kalau membuka toko
sembako harus dilihat produknya jangan sampai kedaluwarsa atau berjamur atau
rusak dan harus dilakukan pengecekan setiap hari. Barang-barangnya diusahakan
selalu bersih tidak berdebu.
Jangan sampai
mengecewakan pembeli sehingga tidak mau datang lagi membeli atau yang lebih parah
kalau mereka memberitahu orang lain kalau produk kita bermasalah.
Lokasi Usaha
Lokasi usaha menentukan
keberhasilan usaha anda. Faktor-faktor yang mungkin bisa dijadikan
pertimbangan :
-
Dimana calon
pembeli anda?
-
Apakah tempat
usaha Anda banyak dilalui orang, dan bisa dijangkau.
-
Apakah ada
penerangan, tempat parkir?
-
Apakah sudah
ada pesaing disana?
-
Kebiasaan
penduduk sekitar sana.
Misal : Anda ingin
membuka warung Mie Ayam dan bakso. Dan Anda berpikir membukanya di depan rumah
Anda, padahal rumah Anda di daerah persawahan atau ladang. Tetangga Anda
berjauhan dan Ternyata Orang disekitar Anda tidak suka jajan atau membeli
makanan di luar, maka bisa dipastikan Usaha Anda akan gagal.
Jadi sebelum mulai usaha
pastikan dahulu anda melakukan survey dan mempelajari perilaku orang di sekitar
Anda. Apakah disana memungkinkan untuk memulai usaha dan mempunyai prospek.
Tempat Usaha
Selain Lokasi kita juga
harus memperhatikan tempat usaha kita. Kenapa Alfamart atau Indomart lebih
berhasil daripada toko kita? Selain mereka mempunyai sistem yang telah rapi
mereka juga menata tokonya dengan baik. Banyak toko atau warung yang meletakan
barangnya asal atau berantakan. Tokonya gelap dengan penerangan yang
secukupnya.
Penerangan dalam toko
atau warung itu sangat penting dan berpengaruh. Orang akan malas ke tempat kita
kalau toko atau warung kita terkesan gelap dan kumuh.
Kebersihan tempat usaha
juga sangat berpengaruh. Apalagi bila usaha kita depot makan. Kalau tempat
usaha kita itu kotor, banyak lalat, kecoa dan lantainya kotor banyak sisa
makanan maka orang akan malas dan merasa jijik untuk masuk.
Buat Tempat Usaha kita
selalu kelihatan bersih, menarik dan menyenangkan. Sehingga orang merasa senang
datang ketempat Anda. Beri papan nama toko yang jelas dan terbaca sehingga
orang ingat nama toko anda.
Promosi.
Yang sering terjadi
ketika orang baru membuka toko adalah diam menunggu pembeli datang tanpa
melakukan usaha apapun. Kadang merasa malu kalau mau meberitahu orang lain
kalau Anda mempunyai toko baru. Orang tidak akan tahu kalau Anda mempunyai toko
atau depot kalau Anda tidak mempromosikannya. Buatlah Brosur sederhana yang
memberikan informasi toko Anda atau produk yang Anda jual. Lakukan Promosi
Misalnya dengan memberikan hadiah atau diskon dengan nilai pembelajaan tertentu
selama pembukaan. Sebarkan Brosur Anda di para tetangga, di pasar, atau tempat
keramaian lainnya. Beri alamat dan
lokasi tempat Anda yang jelas.
Memulai usaha itu mungkin
mudah tetapi bagaimana bisa terus berjalan dan berkembang itu yang sulit. Banyak
penyebab usaha baru yang bangkrut dan diatas adalah yang penyebab yang sering
terjadi. Banyak sekali buku yang mengajarkan bagaimana memulai bisnis baru atau
bagaimana menjadi entrepreneur. Tapi itu semua hanya dasar dan sebenarnya kita
sendiri yang tahu, apa keinginan kita yang sebenarnya. Jangan menjadi pengusaha
karena ikut-ikutan dan beranggapan itu cara cepat menjadi kaya. Karena Usaha
itu dibangun step by step tidak ada yang instan. Dibutuhkan kerja keras dan
pintar agar sukses dan mempunyai perencanaan yang tepat serta bisa bertindak
fleksible, tidak mudah menyerah dan selalu bisa melihat peluang.
0 comments:
Post a Comment