Sebuah acara agar bisa
berjalan dengan baik dan menjadi menarik dibutuhkan pengorganisasian, untuk itu
butuh Event Organizer. Jasa Event Organizer merupakan salah satu peluang usaha
yang bisa ditekuni. Apa saja dan bagaimana menjadi EO (Event Organizer) yang
sukses? Apa yang perlu diketahui agar bisa menjadi EO yang sukses.
Ada beberapa jenis event
yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Saya mengkategorikannya menjadi dua,
yaitu event yang bersifat untuk pribadi dan yang bersifat untuk umum. Event
yang bersifat pribadi ialah untuk kalangan sendiri atau kepentingan pribadi dan
pengunjungnya orang yang dikenal. Sedangkan Event yang bersifat Umum adalah
untuk masyarakat luas sesuai dengan target market.
Jenis-jenis Event antara
lain:
Ulang Tahun
Ketika orang mengadakan
Pesta Ulang tahun mereka pasti ingin menjadikan sesuatu yang tak terlupakan. Pesta
ulang tahun dengan tema yang unik dan menarik akan menjadi daya tarik yang tak terlupakan.
Tugas EO membantu klien untuk menyiapkan tema atau memberikan ide tema agar
menyenangkan. Misal : Ulang tahun anak-anak dengan tema Transformer maka dibuat
kue tart dan dekorasi transformer. Atau ulang tahun 17 dengan tema Greese atau
Fairy tale. Ulang tahun bisa anak2 sampai orang tua atau bisa juga ulang tahun
perusahaan.
Pesta Perkawinan
EO untuk Pesta Perkawinan
biasanya dikenal dengan Wedding Planner atau Wedding Organizer. Tugas Eo
membantu merencanakan pesta perkawinan itu menjadi sesuatu yang tak terlupakan
seumur hidup. Kita harus tahu keinginan klien dan menggunakan adat apa? Adat
Jawa, Sunda, Batak atau Adat Tionghoa. atau pasangan yang menikah ingin menggunakan tema tertentu atau dari film. WP membantu merancang acara ini, mulai
dari kartu undangan, dekorasi, catering, souvenir, pakaian pengantin, pagar
ayu, acara. Semua direncanakan detail dan matang.
Pertemuan Keluarga/Gathering
Acara Pertemuan keluarga
besar atau Acara Gathering perusahaan. Bagaimana mengemas acara pertemuan
keluarga ini agar menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tidak membosankan. EO
akan membantu menyusun acara, mencari MC atau memikirkan game-game pada acara
itu.
Peluncuran sebuah produk baru membutuhkan penanganan yang profesional karena itu menyangkut
sebuah brand. Bila ditangani dengan asal-asalan maka akan menjatuhkan produk
tersbut. Seorang EO harus tahu harapan sasaran yang ingin dicapai selain
memperkenalkan produk tersbut. EO harus bisa bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk
menentukan tanggal, dan lokasi agar acara tersebut ramai
dan sukses. Strategi dan pemasarannya
harus dipikirkan dan dirancang dengan tepat agar produk tersebut menjadi
dikenal masyarakat dan bisa menjadi trend terbaru. EO membantu memikirkan acaranya, apakah akan
ada game, hadiah, doorprize, souvenir, dummy, maskot, seragam spg atau panitia,
dan artis siapa yang akan memeriahkan acara tersebut. Apakah ada diskon untuk
pembelian produk. Contoh Launching produk HP, Motor, Mobil, Ice cream Magnum, rokok.
Seminar Motivasi/Training/Outbound
Penyelenggaraan
seminar, pelatihan, outbound bisa
ditujukan untuk umum atau sesuai kebutuhan, misalnya untuk perusahaan-perusahaan yang
ingin membekali karyawan dengan keterampilan khusus. Bila pelatihan atau seminar untuk umum, EO akan memikirkan topik apa yang akan dijual, siapa
pembicaranya, kapan pelaksanaannya dan berapa hari?, menyiapkan materi, menyewa
tempat, termasuk coffee break dan makananya, backdrop, banner, promosi.
Pameran/Expo/Sunday Market/Basha
Pameran dagang yang
memasarkan produk tertentu. Produk bisa meliputi makanan, pakaian, buku,
properti, wedding, kesehatan, dan sebagainya. Tugas EO merancang event dan tema,
menyediakan tempat dan stand, mencari tenant, memikirkan hiburannya, promosi,
dan semua yang berhubungan dengan pameran tersbut.
Musik dan hiburan
Konser musik atau
festival musik mempunyai penggemar yang cukup banyak. Konser musik artis
nasionalataupun International sudah sering dilakukan di Indonesia. Mulai dari
Slank sampai Lady Gaga. Semakin besar Eonya semakin Top artis yang didatangkan
dan semakin rumit perencanaannya. Karena
EO juga harus mencari media partner dan sponsor yang kompeten agar acaranya
bisa sukses dan bisa mentutup semua pengeluaran dan meraih keuntungan.
Seni dan Budaya
Acara budaya dan Seni, seperti festival
kebudayaan atau pementasan seni saat ini berkembang pesat. Festival Seni atau kebudayaan bisa menjadi sesuatu
yang sangat menarik bila dikemas dengan baik. Bahkan bisa mengangkat nama suatu
daerah. Misalnya Jember Fashion Carnaval yang sekarang ini menjadi
salah satu event yang menarik perhatian dunia. Atau Ubud Writer Festifal yang
diikuti oleh penulis-penulis ternama dunia.
Apa yang harus disiapkan agar Event kita berjalan dengan baik dan sukses? Beberapa hal dibawah ini yang bisa jadi bahan acuan untuk melaksanakan sebuah event.
Identify
Your Objective or Goal
Langkah pertama dan yang
paling penting dalam merencanakan acara agar sukses adalah Kenapa Anda ingin
membuat Event ini? Anda perlu menetapkan tujuan yang bermakna, dan
menggunakannya untuk memandu keputusan Anda. Apa tujuan acara ini? Apakah Anda ingin acara "terima kasih" kepada pelanggan? Mendidik klien potensial
atau pemasok tentang organisasi Anda? Membangun hubungan dengan pelanggan yang
sudah ada? Menarik klien baru? Menciptakan buzz tentang produk baru? Jaringan
dengan pakar industri? Atau melatih tim Anda? Acara rutin tahunan?
Dengan mengetahui
tujuannya akan memudah kita untuk membuat proposal dan mencari sponsor yang
tepat. Seperti Bromo Jazz dibuat dengan tujuan meningkatkan atau menarik
wisatawan untuk datang ke Bromo. Karena sepinya wisatawan yang ke Bromo dan
menurunya sumber penghidupan dari sektor wisata di Bromo.
Identify Your Target
Market
Tentukan siapa peserta atau
pengunjung yang ingin dituju atau diharapkan datang ke acara kita. Tanpa
menentukan sasaran peserta yang akan hadir, akan membuat kegiatan ini menjadi
kurang maksimal. Siapa target Market kita? Apakah dari kalangan menengah ke atas
atau ke bawah? Misal Kita mengadakan Basha yang menjual makanan dengan harga
mahal lalu kita memilih lokasi di pantai kenjeran tentu tidak akan ada yang
membeli. Atau kita mengadakan konser Rock tapi kita promosi di penggemar
dangdut tentu akan mubasir.
Choose a
Time and Venue
Pemilihan Waktu dan
lokasi sangatlah penting karena ini akan memiliki dampak besar pada berapa
banyak orang yang akan hadir. Bila Anda
memilih tempat, lihat pilihan dari perspektif pengunjung yang akan datang.
Pastikan bahwa lokasi aman dan nyaman, dengan fasilitas parkir dan akses yang
baik, untuk mendorong orang hadir ke acara tersebut. Apakah tempat sesuai
dengan target market?
Pastikan bahwa Anda
memiliki beberapa pilihan tanggal dan waktu, sehingga Anda memiliki alternatif
jika pilihan pertama Anda tidak tersedia. Hindari libur keagamaan, dan periksa
bahwa tidak ada peristiwa besar lainnya (seperti kejuaraan olahraga atau
konferensi pesaing) dijadwalkan untuk hari yang sama. Apakah acara anda indoor
atau outdoor? Apakah sedang musim panas atau musim hujan? Kalau musim hujan
apakah perlu disediakan tenda?
Make a to do list and
Round down
Menyusun jadwal kegiatan
berarti menjadwalkan semua hal yang ada di daftar rencana Anda. Jadwal atau
timeline dibuat beberapa bulan sebelum acara hari H. Kapan harus mulai memesan
tempat, Kapan mulai mencari sponsor, mengontak artis, membuat perlengkapan atau
merchandize dan lain sebagainya. Tanpa panduan jadwal kegiatan yang jelas,
waktu dapat berlalu begitu saja dan kita akan lupa harus melakukan apa. Sehingga
semua acara akan menjadi berantakan.
Buat anggaran belanja
Membuat Budget atau
Anggaran adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Jika hanya sekedar
membuat anggaran, semua tentu bisa. Membuat Anggaran adalah bagian terpenting
karena dengan begitu kita akan tahu beberapa perkiraan uang yang akan
dikeluarkan dan berapa sponsor yang akan dicari? Semakin besar acaranya semakin
besar biaya yang harus dikeluarkan dan kita harus semakin teliti dalam mebuat
anggarannya. Karena bila kita salah maka event kita akan merugi.
IJIN
Apakah acara yang akan dibuat
memerlukan ijin? Ijin dari kepolisian atau penguasa setempat. Apakah kita
memerlukan pengamanan atau pengawalan dari kepolisian? Bila Event berskala
International yang mendatangkan orang asing memerlukan surat dari kementrian
luar negeri dan kedutaan besar
Sponsor atau
Penyandang Dana
Sponsor bisa menjadi
pendukung kesuksesan acara kita. Bila acara kita yang bersifat umum tentu kita
memerlukan sponsor. Carilah sponsor yang tepat untuk acara kita. Apakah ada
perusahaan yang ingin menjadi sponsor tunggal yang membiayai seluruh acara. Dalam
mencari sponsor, carilah sponsor lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan.
Misalkan diperkirakan, sponsor yang dibutuhkan hanya 10, Anda harus mencari
lebih dari 10. Sponsor yang dibutuhkan tersebut belum tentu semuanya akan
menyetujui dan bersedia berpartisipasi. Lebih baik lagi, jika yang dibutuhkan
adalah 10 sponsor, carilah 100 sponsor. Jangan lupa gunakan proposal yang
menarik karena tentunya ada ribuan proposal lain yang menjadi pesaing Anda
Komunikasi dengan
media/Pers Release
Usahakan kegiatan yang
akan Anda adakan diliput oleh media. Oleh karena itu adakan jumpa pers dengan
mengundang semua wartawan untuk meliput acara itu. Peran media sangat besar
untuk menyebarkan informasi pada masyarakat. Atau bisa mengajak kerjasama
dengan koran lokal atau nasional atau bisa juga dengan radio setempat sehingga
Acara ini bisa dipublikasikan dengan gratis. Atau kalau Anda mempunyai budget
lebih bisa dengan memasang iklan di koran.
Iklan di jejaring sosial
Maraknya Facebook,
Twitter, Path, Instagram, youtube dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu
sarana promosi yang efektif. Apalagi Indonesia adalah pengguna Facebook
terbanyak. Anda bisa memulai membuat fan page dan memuat berita atau cerita
yang berhubungan dengan acara tersebut. Gunakan #hastag untuk twitter dan
lakukan terus menerus sehingga menjadi trending topic. Ini adalah salah satu
promosi yang urah dan lumayan efektif untuk menggenjot popularitas acara kita. Atau
bisa juga membuat video promosi yang dipasang di youtube sehingga bisa di share
kemana-mana.
Tim jejaring sosial
Jejaring sosial akan efektif
bila ada orang atau tim khusus yang menanganinya. Karena dengan begitu akan
optimal hasilnya. Sehingga setiap hari ada yang mengupdate atau meng twit
tentang acara. Kita bisa memasang foto, poster dan share acara kita atau
menjawab pertanyaan bila ada yang komentar.
Penjualan Tiket/Pendaftaran Online
Dengan era internet yang
sudah makin menyebar dan hampir semua orang menggunakan smart phone, maka
pendaftaran atau penjualan tiket online sangat diperlukan. Dengan menerima
pembelian atau pendaftaran online maka kita akan bisa memprediksi jumlah
peserta atau pengunjung yang akan datang. Selain itu kita juga bisa mendapatkan
uang kontan terlebih dahulu. Kita juga bisa membuat program early bird atau
pembelian paket tiket. Misalnya beli 5 gratis satu atau memberikan diskon atau
potongan harga sebelum tanggal yang ditentukan.
Team work and Communication
Dalam mengerjakan Event
kita tidak mengerjakan sendirian karena itu kita membutuhkan team untuk
mengerjakannya. Apalagi bila event yang akan dikerjakan itu event besar maka
team yang diperlukan juga semakin banyak. Selain itu juga harus ada komunikasi
dalam team work sehingga tahu setiap perkembangan yang terjadi. Begitupula dengan
pendelegasian pekerjaaan. Dalam mendelegasikan pekerjaan harus jelas dan
tercatat. Usahakan selalu ada briefing antar kepala divisi sehingga tahu
perkembangannya.
Be flexible and be ready
Dalam
mengerjakan event kita harus selalu bisa melakukan atau memikirkan apapun, kita
harus bisa melihat big picture dan juga detail. Kita harus bisa fleksible dalam
menghadapi setiap masalah dan selalu mempunyai rencana cadangan bila terjadi
sesuatu. Kita harus bisa selalu tenang, tidak mudah panik dalam menghadapi
suatu masalah tetapi bisa mencari solusi. Selain itu kita juga harus bisa
realistis apakah event kita itu bisa dilanjutkan atau tidak kalau tidak apa
solusinya? Contoh event yang gagal dilaksanakan adalah konser Lady Gaga yang
karena banyak tentangan dari ormas tertentu.contoh event festival yang selalu mengundang orang untuk kembali datang
Jember Fashion Carnival
Jazz Gunung Bromo
Ubud Writer Festival
Terimakasih untuk artikelnya ya, sangat membantu.
ReplyDeleteJangan lupa mampir ke artikel terbaru saya Tips Mengundang Artis Untuk Event Anda