Tuesday, June 4, 2013

Seorang teman bercita-cita ingin mempunyai usaha, ingin menjadi entrepreneur tapi dia bingung bagaimana memulainya dan usaha yang cocok buat dia. Sebelum memulai usaha seorang pengusaha atau pebisnis harus mempunyai rencana untuk bisnisnya. Rencana bisnis yang efektif dan baik akan membuat usaha menjadi stabil yang menuntun pengusaha itu untuk meluncurkan produknya dan melihat bagaiman peluangnya. Apa saja yang perlu diketahu untuk memulai usaha?

Planning for a start-up
Memulai perusahaan atau usaha dengan sebuah mimpi  besar dan ide baru membutuhkan sebuah rencana bisnis agar bisa mewujudkannya. Agar pengusaha bisa mengevaluasi apakah ide-idenya bisa diterapkan, bagaimana melihat pasar, dan persaingannya. Pertanyaan yang mungkin harus dijawab adalah :

·         Apakah bisnis baru ini memiliki peluang di lapangan?
Kita harus memikirkan bagaimana peluangnya apakah ide bisnis kita ini bisa diterima pasar? Misalnya karena habis jalan-jalan di Thailand dan melihat snack dari serangga dan juga ulat, lalu kita punya ide dengan menambahkan rasa, seperti keju, pedas atau rasa barberque. Pertanyaannya apakah target pasar kita di Indonesia akan suka makan snack serangga atau ulat?  

·         Berapa modal yang kita butuhkan untuk memulai dan menjalankan?
Setelah memiliki ide bisnis kita harus mulai memikirkan berapa kira-kira uang yang kita butuhkan untuk memulai usaha dan menjalankannya. Apa saja yang perlu kita siapkan, apa yang sudah kita miliki dan apa saja yang harus kita beli. Kalau harus sewa tempat berapa biaya yang harus kita keluarkan? Apakah kita perlu menggaji seseorang atau sementara kita sendiri yang menjalankan. Bahan-bahan apa yang harus kita beli untuk memulai?

·         Siapa calon customer kita dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka?
Kita harus tahu siapa sasaran target penjualan kita dan bagaimana caranya agar mereka tahu dan membeli produk kita. Media promosi yang bagaimana agar kita bisa meraih calon pelanggan kita. Menggunakan pendekatan yang bagaimana atau seperti apa? Misal kalau kita berjualan kompor atau panci maka cara terbaik adalah dengan promosi di acara kegiatan PKK atau arisan ibu-ibu.

·         Siapa pesaing kita dan bagaimana caranya agar bisa memenangkan persaingan?
Ketika memulai usaha kita harus melihat di daerah yang akan menjadi target pasar kita berapa orang yang sudah melakukannya? atau berapa orang pesaing kita? Strategi apa yang akan kita gunakan untuk menghadapi persaingan itu dan bagaimana caranya agar kita bisa memenangkan persaingan.

·         Kenapa orang memilih membeli produk kita daripada pesaing kita?
Kita harus memikirkan apa yang menyebabkan orang membeli produk kita daripada pesaing kita? Nilai lebih apa yang kita miliki ? entah itu di produk kita atau di pelayanan. Apa yang bisa kita tambahkan sehingga orang beralih membeli dan menjadi customer kita.

Planning to address changing conditions
Situasi ekonomi atau situasi politik yang berubah kadang juga akan mempengaruhi usaha yang akan kita mulai. Apa saja yang perlu kita waspadai?

·         Keadaan ekonomi apa yang akan kita hadapi?
Kita harus tahu bagaimana keadaan ekonomi yang sedang terjadi. Misalnya : Pemerintah merencanakan kenaikan bahan bakar, maka itu akan mempengaruhi semua roda ekonomi. Atau pemerintah akan menaikan tarif dasar listrik maka itu juga akan mempengaruhi.

·         Bagaimana kita bisa mengahadapi perubahan tersebut?
Kalau harga BBM naik pasti semua harga akan naik. Lalu bagaimana kita bisa menghadapi itu, apa yang bisa kita ketatkan atau kita hemat dalam bisnis kita agar bisa bersaing dalam situasi ekonomi ini.

·         Langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapi perubahan.
Kalau kita sudah mengetahui rencana kenaikan itu berapa persen maka kita bisa membuat estimasi berapa kenaikan biaya yang akan kita alami. Apakah kita bertahan dengan harga jual yang sama? Kalau harus menaikan berapa yang kira-kira masih bisa terbeli atau harga yang masuk akal? Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan atas perubahan itu.

Planning to seize growth opportunity
Setela usaha kita berjalan kita tidak bisa hanya berdiam diri tanpa memikirkan perkembangan dan pertumbuhan usaha kita. Kita harus mempunyai strategi untuk membesarkan usaha kita. Dan juga harus kita masukan dalam rencana bisnis kita.

·         Dimanakah peluang baru yang bisa menumbuhkan usaha kita
Setelah usaha kita berjalan dengan baik, kita harus mulai mencari peluang baru yang bisa menumbuhkan usaha kita yang sekarang ini. Peluang baru bisa saja dengan membuka cabang usaha kita atau menciptakan produk baru.

·         Siapa pesaing kita di new market ini?
Kita harus melihat siapa saja pesaing kita kalau kita mau membuka cabang baru atau meluncurkan produk baru itu. Dengan begitu kita bisa mempelajari segala kemungkinan.

·         Bagaimana caranya kita menjadi terbaik dalam merebut pasar baru ini?

Setelah kita tahu siapa pesaing kita, kita mulai mengukur kekuatan lawan dan bagaimana kita bisa mengalahkan atau menjadi yang terbaik dan meraih peluang yang ada.

7 comments:

  1. trimakasih bu..Artikelnya ..memang sebelum memulai usaha hrs punya mimpi dulu lalu kita terapkan..ya bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, dari mimpi kita buat bisnis plan dan action...

      Delete
  2. Terima kasih bue..ilmu ygsangat bermanfaat bg kami sebagai pemula

    ReplyDelete
  3. Punya beberapa ide untuk menjalankan suatu usaha , tpi masih ragu dari faktor pendanaan karena disamping biaya anak sekolah jg suami yg sakit , jdi kosentrasi untuk buka usaha msh blum yakin , tapi jika selalu baca artikel di atas nambah wawasan juga semangat , hanya kita butuh pendorong atau penyemangat dlm membuka usaha krn kita gk mungkin berjalan sendiri , terimakasih bu poedjiati sangat bermanfaat artikelnya .

    ReplyDelete
  4. setelah membaca artikel yang mantab saya mulai menilai orang orang yang pernah bekerjasama dengan ku.. terima kasih bu.. semoga aku bisa lebih teliti lagi memilih partnership

    ReplyDelete
  5. Bamau usaha sendiri tp masih ragu tolong kasi saran dan motifasi buat sy , ,

    ReplyDelete