Sunday, November 17, 2013

Jika anda mempunyai kemampuan dibidang otomotif membuka usaha bengkel motor sangat berpeluang. Seperti kita ketahui penjualan sepeda motor meninggkat akhir-akhir ini. Dengan banyaknya pengguna sepeda motor berarti ini merupakan peluang untuk membuka usaha servis atau bengkel sepeda motor.

Apa saja yang perlu diparhatikan dalam membuka usaha bengkel sepeda motor. ini ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan atau masukan ketika anda membuka bengkel sepeda motor.

Usaha bengkel motor biasanya ditentukan menjadi tiga,  yaitu: pertama bengkel resmi merk motor tertentu seperti Honda, Yamaha dan lainnya. Yang tentunya dengan persyaratan pemberi lisensi. Kedua, bengkel motor biasa yang melayani servis regular, ganti olie atau perbaikan bila ada kerusakan. Ketiga adalah bengkel motor yang khusus untuk memodifikasi sepeda motor entah itu balapan atau akselarasi, pengecatan atau pembentukan model sepeda motor sesuai keinginan. Bengkel motor yang kita bahas disini ada bengkel motor biasa yang melayani sevis regular dan perbaikan saja.

Lokasi
Pemilihan lokasi menentukan keberlangsungan usaha bengkel motor anda. Apalagi bila anda belum terkenal sebagai tukang servis motor. usahakan lokasi terletak dipinggir jalan yang banyak dilalui motor atau kendaraan dan terlihat. Di sekitar lokasi berjarak 1 km belum ada bengkel motor. Lebih bagus bila dekat sekolah SMA, kampus atau perkantoran. Kalau bengkel khusus yang untuk adu kecepatan tidak memerlukan lokasi khusus, biasanya para penggemar atau komunitas motor yang tidak standart akan saling memberi tahu.   

Perelngkapan
Dengan membuka usaha bengkel tentu perlengkapan atau peralatan untuk menservis atau mereperasi sepeda motor harus ada. Bila anda mempunyai dua orang teknisi maka setiap teknisi wajib disediakan peralatannya masing-masing. Tidak mungkin mereka bekerja dan saling menunggu karena peralatannya sedang dipakai. Ketika memulai usaha bengkel biasakan untuk menetapkan budaya 5R (Rapi, Resik, Rajin, Rawat, Ringkas). Dengan menetapkan Budaya 5R dari awal akan menjadikan kebiasaan sehingga peralatan menjadi lebih terawat, rapi dan awet. Ketika akan digunakan tidak bingung mencari cari peralatannya. Dan peralatan bisa bertahan lebih lama.

Penyediaan Spare part
Bila membuka usaha bengkel penyediaan spare part sebagai penunjang usaha sangat penting. Karena bila ada kerusakan bisa langsung diganti. Kita juga harus tahu spare part apa yang paling sering digunakan sehingga kita harus kulakan lebih banyak. Spare part ada yang asli atau geniue part ada juga yang bekas tapi dengan kualitas yang masih bagus. Biasanya ini bisa ditawarkan kepada pengguna mau yang mana. Dan tetntunya juga harus diberitahukan bila menggunakan spare part bekas dan tahan berapa lama. Biasanya bengkel juga menyediakan Olie, variasi atau asesoris motor, ban dalam dan luar. Carilah distributor yang bisa memberikan sistem pembayaran lebih panjang atau sistem konsinyasi, bila ada spare part yang kurang laku bisa ditukar dengan yang sering laku.

Tenaga Kerja
Tenaga kerja khususnya tenaga teknisi sering menjadi kendala bagi pengusaha bengkel motor. Sulitnya mencari tenaga teknisi sering dikeluhkan para pemilik bengkel. Kita bisa bekerja sama dengan SMK jurusan otomotif bila ada siswanya yang ingin bekerja atau magang. Kita juga bisa mencari ditempat-tempat kursus mekanik atau memberikan beasiswa buat yang tertarik menjadi teknisi anda. Sistem pegajian memegang peranan bertahannya seorang teknisi atau mekanik. Anda juga bisa menggunakan sistem bonus buat mekanik atau teknisi anda. Mengikutkan teknisi training bila ada teknis servis baru atau jenis motor baru. Tetapi dari semua itu adalah sikap menghargai dan memanusiakan para pekerja yang membuat mereka loyal kepada Anda.

Layanan tambah
Untuk menarik agar konsumen kembali lagi ketempat kita adalah dengan memberikan nilai tambah atau layanan tambah di tempat servis kita. Misalnya dengan memberikan cuci gratis setiap kali servis regular. Sepuluh kali servis gratis satu kali servis. Mengingatkan pengguna motor bila sudah waktunya servis atau ganti olie dengan mengirim sms.. Boleh kembali selama satu minggu bila servis motor tidak pas dan gratis. Ruang tunggu yang nyaman dengan memberikan minuman air kemasan gratis. Bisa ditambahkan sarana wifi untuk orang yang menunggu, ada telivisi, koran dan bisa juga disediakan jualan makanan dan minuman.




Product knowledge
Sebelum memulai usaha pikirkan terlebih dahulu, seperti apa bengkel yang anda inginkan dan kelebihan apa bengkel anda. Survey bengkel-bengkel yang ada disekitar anda. Apa kelebihan mereka dan apa kekurangannya. Apa yang bisa ditiru dan dtingkatkan untuk bengkel anda. Berapa biaya servis ditempat bengkel lain dan berapa yang harus anda tetapkan untuk bengkel anda. Tingkatkan terus pengetahuan anda tentang dunia perbengkelan. Terapkan management yang baik, stock spare part harus selalu di-update setiap hari.

Promosi
Untuk pembukaan perlu diadakan promosi yang tepat misalnya memberikan servis gratis untuk 10 motor pertama atau memberikan diskon 50% untuk biaya servis tidak termasuk spare part atau ganti olie. Sebarkan brosur-brosur ke sekolah-sekolah SMA, Kampus-Kampus atau parkiran motor di pusat perbelanjaan. Secara rutin mengadakan event-event yang bisa menarik customer.


Semoga tulisan ini bisa memberi sedikit gambaran dan para pembaca siap memulai usaha bengkel. Wujudkan segera mimpi anda untuk memiliki usaha bengkel motor. Segera buat perencanannya dan siapkan semuanya lalu lakukan. Karena perencanaan tanpa Action hanyalah sebuah mimpi belaka dan hanya angan-angan. Selamat mecoba dan jadilah Pengusaha yang SMART.

3 comments:

  1. Terima kasih bu Poedjiati untuk artikel-nya yang sangat berguna untuk saya, pembahasan-nya sangat lengkap, kebetulan saya sedang mengumpulkan modal dan tertarik membuka usaha bengkel motor dan cucian motor (auto wash), tapi masih bingung jenis bengkel apa yang akan saya buka nanti-nya, untung saya menemukan artikel ini, setelah saya baca saya akan mempertimbangkan jenis bengkel yang mana yang cocok dengan saya dan target market saya.

    ReplyDelete
  2. Saya sedang mencari investor dan menawarkan kerjasama usaha bengkel motor, saya sudah punya pegalaman dibidang ini 14tahun ,saya seorang mekanik motor,dan saya sdah sering bekerjasama .saya sebagai mekanik dan pengelolanya dan anda modal serta fasilitasnya,sistem bagi hasil dari jasa service dan penjualan sparepart.jika berminat dapat menghubungi 082154756306 pinbb 75A773DD atau email ke : mix_dj80@ymail.com

    ReplyDelete
  3. Mau buka usaha bengkel,hubungi saya di jamin harga grosir dan termurah harga bersaing. Cek di www.pandawamotor.com atau untuk kirim daftar harga nya bisa via WA :085224545209

    ReplyDelete