Tuesday, November 26, 2013

Kalau anda mempunyai hoby masak dan kemampuan masak yang lesat, usaha catering rantangan ini bisa dijadikan peluang usaha. Apalagi sekarang ini semakin banyaknya orang yang sibuk bekerja dan tidak sempat memasak,  membuat bisnis catering rantangan ini menjadikan sebagai bisnis yang menjanjikan . Bisnis catering rantangan ini dari tahun ke tahun selalu meningkat. Apalagi kalau kita bisa memberikan pelayanan yang baik. Apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai bisnis ini.

Pemilihan Bahan
Pemilihan bahan seperti sayur, daging, ikan sangat penting. Karena ini mempengaruhi rasa dari masakan anda. Pilihlah sayur-sayuran yang masih segar dan bila harus menyimpannya di kulkas simpan dengan diberi plastik atau koran agar tetap awet dan segar. Begitupula dengan pemilihan daging atau ikan. Bila ikan atau udang yang tidak segar maka rasa masakan akan berubah dan baunya terasa amis. Sangat baik bila anda bisa mendapatkan pemasok dari petani atau suplier sayur dan daging.




Proses Pemasakan
Dalam memproses masakan harus selalu memperhatikan mutu, rasa dan kesehatan. Ketika mencuci sayur usahakan selalu bersih dengan air mengalir. Jangan sampai ada sisa tanah yang tertinggal. Karena kalau tidak bersih maka ketika di tumis pasirnya akan tertinggal dan terlihat. Ini akan membuat pelanggan kecewa dan bisa sakit perut atau yang lainnya. Perhatikan juga cara memasak jangan sampai over cook atau terlalu matang atau sebaliknya tidak matang. Racik bumbu dengan tepat sehingga tidak terlalu manis atau asin. Usahakan ada standart rasa pada masakan, jangan hari ini rasanya enak besok hambar atau tidak ada rasa. Kalau perlu bumbu ditakar atau ditimbang sehingga rasa selalu stabil. Bila ada menu gorengan usahakan minyaknya tidak terlalu berlebih melekat pada makanan. Selain itu yang paling utama adalah menjaga kebersihan jangan sampai ada rambut, serangga, lalat, batu kecil yang ikut masuk dalam masakan kita. Masak sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak perlu disimpan atau dimasukan ke kulkas.

Pemilihan Menu
Sebelum memulai usaha catering rantangan, kumpulkan dulu semua daftar makanan yang anda kuasai. Anda bisa mencoba terlebih dahulu resep-resp baru sebelum digunakan. Buat daftar menu untuk empat bulan sehingga orang tidak merasa bosan dengan menu yang sama setiap hari. Dalam mengkombinasi makanan juga harus diperhatikan antara sayur dan lauk atau menu lainnya. Misalnya kita tidak mungkin memberi menu rawon dengan sayur asem. Anda juga bisa memberikan menu pilihan misalnya untuk gorengan, pelangan bisa memilih ikan goreng/ayam goreng/empal. Sehingga orang yang tidak suak ikan bisa memilih ayam begitupula sebaliknya. Variasi menu ini sangat penting karena biasanya pelanggan catering sering merasa bosan dan berhenti berlanggannan karena menunya yang hampir sama setiap hari. Buat daftar menu yang berbeda minimal 2 bulan sekali.

Peralatan
Pemilihan rantang juga harus diperhatikan. Pilih rantang steinless steal untuk pelanggan yang hanya memilih lauk saja. Sebaiknya tidak menggunakan rantang enamel karena rantang enamel sering berkarat atau mengelupas catnya bila jatuh dan jadi berkarat. Untuk pelanggan yang memilih dengan nasi bisa menggunakan tempat bulat/kotak plastik yang sudah ada sekatnya. Bila menu ada yang berkuah usahakan dibungkus dengan plastik sehingga kuahnya tidak keluar dari rantang atau tercampur dengan makanan yang lain. Cuci dengan bersih peralatan dapur dan juga rantang setelah digunakan karena akan mempengaruhi kualitas makanan. Peralatan yang kotor akan menyebabkan makanan lebih cepat rusak atau busuk. Perhatikan juga ketika memasukan makanan dalam rantang jangan sampai tumpah diluar rantang dan kelihatan kotor atau jorok. Usahakan selalu bersih penampakan rantang ketika sampai ke pelanggan. Anggarkan dana untuk secara regular mengganti rantang yang telah kusam atau rusak.

Delivery
Kita harus memperhitungkan waktu pelanggan menerima makanan kita. Jangan sampai sudah waktunya makan siang tetapi makanan kita belum sampai. Armada yang mengantar makanan juga harus diperhatikan, mereka harus berpenampilan bersih dan tidak bau, kalau perlu dibuatkan seragam. Tempat menaruh rantang ketika dikirim pelanggan bila menggunakan motor, harus tertutup dan bersih sehingga orang yang melihat merasa terjaga kebersihan makanannya. Bisa menggunakan box container plastik yang menaruh beberapa rantang atau membuat khusus. Ingat untuk diberi stiker nama usaha, nomer telpon, atau website/blog anda pada container box sehingga bisa jadi iklan berjalan sambil mengantar rantang ke pelanggan.

Promosi
Mempromosikan usaha catering rantang ini sangat penting. Anda bisa mencetak brosur berwarna, dalam brosur bisa memperlihatkan proses memasak yang bersih atau foto dapur anda yang bersih. Mencantumkan beberapa pilihan menu. Tekankan pada Kulitas kebersihan, makanan yang sehat, Variasi makanan yang beragam, menu tidak pernah sama dalam tiga bulan dan harga yang terjangkau. Anda bisa menyebarkan brosur ini ke kantor-kantor, tempat kos-kosan, apartemen, perumahan, pertokoan dan juga bisa promosi lewat internet, sosial media. Anda juga bisa memberikan tester free sehari untuk mencoba makanan anda. Atau seminggu sekali ada menu khusus tambahan yang gratis misal memberi snack, kolak atau lainnya.  

Nilai Tambah
Akan lebih baik lagi kalau anda bisa melayani rantang dengan orang berkebutuhan khusus. Misalanya khusus untuk orang yang vegetarian atau pascatarian (yang tidak makan daging tapi makan ikan). Atau orang yang terkena diabetes dengan memberi menu nasi merah dan tanpa gula. Atau orang yang terkena hipertensi atau diet tertentu. Sekali-kali memberikan tips tentang kalori atau nilai gizi pada makanan. atau untuk kalangan high class anda bisa menawarkan menu dengan bahan organic.


Biasanya pelanggan berhenti catering rantangan karena bosan dengan menu yang selalu sama dalam satu bulan. Atau standart kebersihan yang menurun dan begitu juga kualitas makanan yang menurun baik dari segi rasa ataupun mutu. Misalnya masakan lebih cepat rusak, sore hari masakan sudah beruabah rasa, bau dan berbuih. Usahakan meminta feedback atau masukan dari pelanggan atas tingkat kepuasan catering anda. Bila anda mempunyai dedikasi dan kecintaan terhadap apa yang anda sajikan maka pelanggan akan merasa senang dan puas. Bilang pelanggan puas mereka akan merekomendasikan anda. Selamat mencoba

5 comments:

  1. Saatnya makan..... =p~

    ReplyDelete
  2. Saatnya wujudkan mimpi....TQ

    ReplyDelete
  3. artikel yang menarik dan penjelasan yg detail dan lengkap
    maaf numpang ngasih info nih, kami menyediakan jasa catering dari prasmanan sampai nasi box, bisa pilih aneka macam menu dan harga terjangkau, cek dulu yaa
    Terimakasih .. :)

    http://www.bumentik.com/search/label/Menu%20Racikan

    ReplyDelete
  4. Lengkap sekali artikelnya membahas mengenai seluk beluk bisnis catering . Permodalan dan kalkulasi keuntungannya dapat dilakukan mudah dengan aplikasi keuangan .

    ReplyDelete