Monday, November 25, 2013

Kalau anda mempunyai hobby merajut dan ahli membuat rajutan mungkin ini bisa dijadikan peluang usaha. Menjual benang rajutan dan juga hasil rajutan sehingga bisa saling bersinergi. Apa saja dan bagaimana memulai usaha ini?

Lokasi
Lokasi toko bisa didalam mall, pusat perbelanjaan, pertokoan atau dipinggir jalan. Akan lebih bagus kalau di dalam pusat pertokoan sehingga lebih mudah memasarkan hasil rajutan.

Produk
Kelengkapan dan variasi jenis benang maupun warna benang sangat perlu diperhatikan. Usahakan untuk kulakan benang dengan ukuran maupun warna secara lengkap. Kulak warna-warna pokok atau yang sering digunakan lebih banyak seperti warna hitam, putih, merah, biru, hijau dll. Selain itu juga sediakan untuk penjualan alat-alat merajut seperti segala jenis jarum rajut seperti Hakken, Breien, Kancing-kancing  dan perlengkapan lainnya. Semakin lengkap toko anda semakin jadi rujukan para penggemar rajutan.

Suplier
Mencari Suplier ini memegang peranan. Semakin banyak daftar suplier anda semakin baik buat kelancaran penjualan. Carilah perusahan benang yang paling murah dan memiliki kelonggaran pembayaran, selain itu perlu juga diperhatikan mutu benangnya. Apakah benangnya mudah putus atau tidak? Warnanya luntur atau tidak. Terbuat dari apa saja jenis benangnya katun, rayon, polister. Bila anda mempunyai modal lebih bisa juga menambahkan benang rajut import.

Nilai Tambah
Nilai tambah apa yang bisa diberikan pada toko anda untuk melayani pembeli? Toko anda bisa juga sebagai tempat kursus merajut atau membuat perkumpulan merajut sehingga para siswa atau anggota bisa membeli benang dengan harga khusus. Mereka juga bisa menitipkan hasil rajutannya untuk dijual di toko anda. Toko anda juga menerima pesanan bila ada orang ingin dibuatkan rompi, baju, syal, pakaian, dompet dari benang rajutan.
Toko anda juga bisa menjual buku-buku tentang rajutan sehingga siswa atau anggota klub rajutan tidak perlu binggung mencari contoh model rajutan.

Pemasaran
Selain menjual di tempat anda juga bisa menyalurkan produk rajutan yang sudah jadi ke toko-toko lain atau daerah lain. Anda juga bisa menjualnya secara online. Anda juga bisa membuat paket-paket penjualan. Misalnya untuk perajut pemula yang masih belum mempunyai alat, anda bisa menjual alat-alat, jarum, gunting dengan benang tiga macam warna dengan harga khusus. Mengadakan diskon untuk benang-benang yang sudah lama tidak terjual.
Membuat katalog hasil rajutan sehingga orang yang ingin membeli bisa melihat contoh dan memesannya. Memberi merk pada produk rajutan dengan menekankan pada hand made.
Anda juga bisa mengadakan event pameran hasil rajutan. Selain menjual hasil rajutan, anda juga bisa memperkenalkan toko anda dan tempat kursus anda. 

Pelayanan
Membuka toko ini harus mempunyai pegawai toko yang suka atau mengerti tentang merajut dan juga orang yang sabar. Biasanya orang yang belanja akan membutuhkan waktu untuk mencari benang rajut atau memadukan warna benang. Pelayan yang tidak sabar akan membuat pembeli merasa terganggu. Akan lebih bagus bila bisa memberikan saran kepada pembeli misalnya tentang pemilihan perpaduan warna benang, alat yang digunakan untuk perajut pemula yang masih belajar.


Semakin anda kreatif membuat model-model rajutan baru semakin banyak orang yang tertarik. Jadikan toko anda sebagai one stop shopping rajut merajut. Sehingga orang mengenal toko anda sabgai dunia merajut. 

2 comments: