Wednesday, January 23, 2013


Semua orang selalu ingin menjadi pribadi yang tangguh dan kuat. Menjadi pribadi yang bila menghadapi masalah selalu kuat dan bisa mengatasi segala kesedihan. Tetapi ada saat saat terntentu kita rasanya tidak bisa menguasai perasaan kita. Tiba tiba kita menjadi gloomy, sedih atau melo tanpa sebab yang jelas. Atau ketika ada masalah yang datang kita seakan tidak siap menghadapinya. Kita seperti terseret arus perasaaan yang berputar makin lama makin dalam. Padahal kalau kita mau teliti atau melihat dengan pikiran yang jernih belum tentu itu suatu masalah yang berat atau sebetulnya kita sudah tahu cara mengatasinya tetapi kita seakan terjebak didalamnya. Sebenarnya kesedihan, atau kesenangan adalah permainan pikiran kalau kita tahu caranya tentu akan lebih mudah mengatasi. Dan ini beberapa cara bagaimana kita dapat menjadi lebih kuat dalam menghadapi perasaan kita.

Knowing yourself  Kenali dirimu dengan baik khususnya yang menyangkut emosi atau perasaanmu. Kamu tentu tahu apa yang bisa memancing dirimu untuk marah atau yang bisa membuatmu sedih atau bad mood atau yang membuat kamu senang atau bahagia. Bila kamu dalam situasi seperti itu segera keluar dan kendalikan dirimu. Apabila seseorang memancing emosimu, katakana pada dirimu sendiri kalau kamu yang memegang kendali atas perasaanmu bukan dia. Kalau kamu sedang sedih lakukan sesuatu yang bisa membuat kamu senang misalnya dengan mendengar music, jalan jalan, makan coklat atau melakukan kegiatan yang membuat kamu senang.

Believe in yourself Percayailah dirimu sendiri bahwa kamu itu lebih kuat dari yang kamu kira. Kalau kamu melihat ke masa lalu, kamu akan menemukan bagaimana kamu telah selamat melalui segala rintangan dan cobaan sampai hari ini. Kamu bisa mengatasi semua kesulitan yang ada. Kamu cuma perlu percaya dan yakin pada diri kamu sendiri dan percaya bahwa kamu lebih kuat yang kamu kira. Kamu haru mulai membangun rasa percaya diri kamu dan percaya akan kemampuanmu. Kalau kamu percaya maka alam bawah sadarmu akan bekerja secara otomatis mencari solusi yang tidak terpikirkan.  Selalu percaya pada dirimu sendiri dan kemampuanmu, karena orang yang paling bisa dipercaya dan diandalkan untuk menolong diri kita adalah diri sendiri. Kalau kita tidak bisa mempercayai diri sendiri bagaimana orang lain akan bisa mempercayai kita.

Be positive Selalu berpikir positif terhadap segala hal, lihatlah bahwa masalah itu adalah proses pendewasaan kamu dan cara belajar yang baik untuk masa depan. Selalu optimis akan segala hal bahwa segala sesuatu itu sudah ada yang mengatur dan setiap masalah pasti disediakan jalan keluarnya. Ambil hikmah dari setiap masalah dan kamu bisa belajar dari semuanya. Dengan berpikir positif dan optimis kamu akan selalu dapat melihat sisi baik dari segala hal. Hidup akan lebih berarti dan kamu bisa menjalani hari hari dengan lebih gembira. Bahwa selalu ada harapan buat esok.

Be Brave Diperlukan keberanian dan kekuatan untuk keluar dari masalah. Banyak orang yang takut keluar dari masalah dan berlama lama dengan kesedihan dan meratapi nasibnya. Kamu harus berani menantang diri sendiri dan menantang nyalimu untuk menghadapi dan mengatasi kesulitanmu. Katakan pada diri sendiri “Aku pasti bisa melalui ini semua!”  daripada berdiam diri dan meratapi nasib, lebih baik melakukan sesuatu. Maka kamu akan terkejut bagaimana ternyata kamu bisa dan berani menghadapinya. Jangan pernah takut menghadapi situasi atau seseorang. Beranikan dirimu mengahadapi keadaan atau masalah. Karena tidak ada yang perlu ditakuti selama kamu yakin dan benar.

Take action Segeralah bertindak dan lakukan apa yang harus dilakukan. Jangan menunda nunda lagi, segera cari jalan keluar dan selesaikan masalahmu. Masalah tidak akan selesai dengan meratapi atau menyesalinya. Dengan melakukan action maka kamu akan terbebas dari masalah dan kamu akan merasa hidupmu lebih berarti atau kamu bisa melakukan sesuatu yang berguna buat dirimu sendiri atau orang lain.  Putuskan segera bahwa kamu ingin menjadi orang yang berani, kamu bukan seorang loser tetapi survival yang selalu keluar sebagai pemenang. Ingatlah selalu nasibmu ada ditanganmu sendiri bukan diputuskan oleh orang lain.

Be Thankful selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita peroleh dan kita lalui. Mulailah dengan yang paling sederhana. Misalnya ketika kita bangun tidur, kita bagun di dalam rumah dengan keadaan tenang dan damai, tidak ditengah kekacauan perang atau setidaknya kita masih bangun dan dapat menghirup udara. Itu tandanya kita masih hidup. Selama kita masih bernyawa dan hidup itu tandanya masih ada harapan buat kita untuk melakukan sesuatu.  Kalau kita mau teliti, kita akan menemukan banyak hal yang bisa disyukuri. Kamu masih bisa melihat dan bisa membaca tulisan saya saat ini dan juga  bisa membuka internet untuk membaca blog saya ini, tentu itu harus disyukuri. Coba bayangkan berapa banyak orang diluar sana yang kelaparan, tidak punya rumah, pakaian, apalagi bisa mengakses internet dan masih banyak lagi, yang akan membuat kita merasa masih lebih beruntung daripada mereka. Jadi ingatlah selalu untuk bersyukur atas semua yang kamu dapat dan hargailah apa yang kamu miliki sekarang ini.

Be Happy ingatlah selalu bahwa life is beautiful jika kamu senang. Sedih atau senang itu adalah keputusan kita. Kalau kamu mau senang atau bahagia maka bahagialah kamu. Kalau kamu sedih cobalah tertawa dalam 10 detik maka otak akan merespon bahwa kamu sedang bahagia dan akan mengirim sinyal maka kamu akan merasakan kebahagian. Jadi jangan biarkan orang lain mengontrol perasaanmu atau emosimu. Kamu adalah tuan dari perasaanmu dan emosimu sendiri. Just be happy and everything will be all right.

Memang tidak mudah untuk menjadi kuat dan itu diperlukan usaha dan kemauan dari dalam diri sendiri. Orang bisa memberikan motivasi atau nasihat tetapi keputusan tetap ada ditangan kita sendiri, apakah kita mau berubah atau tidak. Masalah selalu ada, kapan saja dan dimana saja. Bagaimana kita mempersepsi masalah dan melaluinya itu yang penting. Ingatlah selalu bahwa kamu itu lebih kuat dari yang kamu kira. Kamu hanya perlu yakin dan melihat semua kemampuanmu untuk keluar dari masalah. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama kita masih hidup. Tetap berusaha menjadikan segala sesuatu menjadi yang terbaik sebisa kita dan selalu menghargai diri sendiri .

How you think about a problem is more important than the problem itself - so always think positively. - Norman Vincent Peale -

0 comments:

Post a Comment