Wednesday, January 23, 2013

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya dan merasa putus asa, entah itu karena kegagalan cinta atau lainnya, sakit, kehilangan orang yang dicintai atau tragedy. Ada orang yang mudah bangkit lagi setelah mengalami peristiwa tersebut tapi ada pula orang yang sulit bangkit lagi bahkan sampai ada yang berusaha mengakhiri hidupnya karena tidak bisa melihat adanya harapan untuk bisa hidup di masa depan. Kita tentu ingin menjadi orang yang mudah bangkit lagi meskipun telah mengalami masa-masa sulit, tapi apa yang harus kita lakukan agar tidak terpuruk.

o   Kenali Perasaan dan emosi anda
Dengan mengenali perasaan dan emosi kita akan tahu apa yang kita rasakan. Seperti halnya pikiran, perasaan ada yang positif atau negatif ada juga yang baik atau buruk. Coba anda ingat disaat apa perasaan negatif atau perasaaan buruk anda muncul. Amati reaksi anda terhadap perasaan yang timbul, apakah anda gemetaran, berkeringat dingin, berdebar-debar, mual, pusing atau muncul perasaan yang tidak menyenangkan sehingga anda cenderung untuk menghindari perasaan itu. Cari apa yang menyebabkan perasaan itu muncul, seberapa sering perasaan itu muncul dan apa yang sudah anda lakukan untuk meredakan perasaan itu, bila biasanya anda cenderung untuk menghindar atau mengabaikan perasaan itu, kini belajarlah untuk mengahadapinya. Buatlah analisa untuk perasaan anda, cari solusi dan buatlah masalah itu menjadai sesuatu yang lebih rasional. Karena perasaan negatif timbul dari pemikiran yang tidak rasional akan sesuatu dan pemikiran kita yang cenderung untuk membesarkan masalah sehingga akan mempengaruhi perasaan kita menjadi negatif

o   Set your mind
Mulailah membersihkan debu-debu, kotoran dan sarang laba-laba dalam pikiran anda, buang semua label negatif dan buruk yang telah anda berikan pada diri sendiri. Mulailah membentuk pola pikir anda dengan menerima diri sendiri apa adanya, anda tidak perlu menjadi orang lain atau mempunyai keinginan untuk merubah diri menjadi orang lain. Jangan menilai diri anda dengan suatu ukuran baik atau buruk, hitam atau putih, betul atau salah tapi hargailah keberadaan anda, hargailah hidup anda, tidak ada manusia yang sempurna, tapi dengan menghargai dan menerima diri sendiri apa adanya akan membuat anda lebih bahagia. Lakukan segala sesuatu yang anda ingin lakukan atau anda sukai. Jadilah diri sendiri, anda tidak perlu persetujuan orang lain untuk menjadi diri sendiri, 

o   Kenali Masalah anda
Sangat mudah untuk menghanyutkan diri dalam perasaan buruk daripada menghentikan dan menganalisa penyebab timbulnya perasaan itu. Gunakan perasaan anda untuk mengetahui apa yang menjadi pemicu timbulnya perasaan buruk itu. Kenali masalah anda ketika hal itu terjadi, bila perlu catat apa saja  masalah yang mengganggu, buatlah menjadi lebih spesific, pikirkan beberapa jalan keluar alternatif untuk menyelesaikan masalah anda, pikirkan juga yang bisa menjadi penghalang atau kesulitan dari alternatif jalan keluar masalah anda, dan lakukan apa yang sudah anda pikirkan dan amati hasilnya. Bila anda tidak berhasil mencari jalan keluar untuk masalah anda mintalah bantuan orang lain yang anda percaya atau bantuan profesional.

o   Atur Pola Hidup anda
Mulailah untuk mengatur pola hidup anda. Bila anda sehat secara lahir dan batin maka anda akan mempunyai kekuatan untuk meraih apapun yang anda inginkan. Maka dari itu mulai mengatur hidup anda yaitu dengan :
berolah raga secara teratur sesuai dengan kemampuan anda. Anda bisa bergabung dengan club-club olah raga atau berolah raga sendiri misalnya jalan pagi, jogging, berenang, tai chi, bersepeda atau apapun yang anda sukai.
Pola tidur yang baik dan cukup yaitu 7 atau 8 jam. Tidak tidur menjelang subuh atau terlalu larut tetapi tidur dengan teratur dan cukup.
Makan atau minum makanan yang sehat. Tidak makan makan fast food. Makan teratur setiap hari. Tidak mengkonsumsi minum-minuman yang berakhol.
Belajar untuk mengatur waktu dengan efectif. Sehingga semua teratur dan mempunyai jadwal yang tepat. Sehingga anda tidak perlu terburu-buru dan stress karenanya.

o   Enjoy your life
Nikmatilah hidup ini, amatilah sekeliling anda dengan perasaan senang. Jangan cemaskan masa depan anda atau menyesali masa lalu tapi nikmatilah keadaan sekarang bahwa anda hidup, masa lalu bisa dijadikan pelajaran yang berharga dan masa depan bisa anda persiapkan mulai sekarang. 

o   Set your goal
Buatlah rencana atau tujuan hidup agar anda mempunyai semangat hidup. Untuk pertama tidak perlu rencana jangka pendek yang akan sulit dicapai atau terrealisasi. Jangan membuat rencana yang terlalu besar karena itu akan membuat anda frustasi dan stress bila tidak tercapai dan akan menambah anda terpuruk. Buatlah rencana jangka pendek, misalnya dalam satu tahun ini anda harus berhasil melewati masa sulit dan survive. Jika anda berhasil anda boleh memberi hadiah pada diri sendri dan membuat rencana lagi dengan memperpanjang jangka waktunya atau memperbesar tujuannya.

Mulailah hari anda dengan perasaan yang membangkitkan, tatap diri anda setiap bangun tidur, katakana pada diri sendiri dengan tersenyum. Aku bahagia, Aku bersemangat dan kuat. Dan selalu bersyukur memberikan penghargaan pada diri sendiri setiap akan tidur di malam hari. 



0 comments:

Post a Comment